Ratusan Masyarakat Tiku Agam Datangi Kantor Pengadilan

"Objek yang akan di eksekusi oleh PN Lubuk Basung, tidak sesuai dengan amar putusan"
Masyarakat Membawa Spanduk yang Berisi Tuntutan, Romi Firmansyah (KLIKPOSITIF)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Ratusan masyarakat Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam-Sumbar mendatangi kantor Pengadilan Negeri (PN) Lubuk Basung, Senin 22 Mei 2017.

Kedatangan mereka untuk menyampaikan aspirasi terkait rencana eksekusi lahan yang telah di menangkan oleh Yayasan Tanjung Manggopoh (YTM) dalam gugatan di MA.

Dalam menyampaikan aspirasi, masyarakat Tiku V Jorong membawa beberapa helai spanduk yang berisi tuntutan mereka. Spanduk itu kemudian dipajang di dinding kantor PN Lubuk Basung. 

'Anda Jual, Kami Beli, Anda Cari Masalah, Kami Layani, Mempertahankan tanah Ulayat Harga Mati, Allahu Akbar' demikian bunyi tulisan di spanduk yang dibawa oleh masyarakat.

Koordinator lapangan aksi damai, Agusmaidi Sidi Bandaro dan Heri Kasri mengatakan, masyarakat Tiku V Jorong, mendukung apa yang menjadi putusan dari pengadilan, asalkan sesuai fakta. Namun, kalau tidak sesuai dengan fakta, maka masyarakat Tiku V Jorong akan menentang.

“Objek yang akan di eksekusi oleh PN Lubuk Basung, tidak sesuai dengan amar putusan. Amar putusan di Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuakbasuang. Yang akan di eksekusi adalah wilayah Nagari Tiku V Jorong,” ujar Agusmaidi.

Lebih lanjut, Agusmaidi mengatakan bahwa persoalan tanah ulayat adalah harga mati. Dan masyarakat Tiku v Jorong akan mempertahankan apa yang menjadi haknya. Apalagi, Lebih dari 200 rumah masyarakat yang berada di lokasi yang akan di eksekusi tersebut.

“ Ini adalah hak dan harga diri kami. Apapun yang terjadi, akan kami hadapi,” ia menegaskan.

Kapolres Agam, AKBP Ferry Suwandi S.IK yang hadir langsung menemui masyarakat Tiku V Jorong di Pengadilan Negeri Lubuk Basung, mengatakan, aspirasi dari masyarakat tersebut, diterima dan akan disampaikan kepada ketua PN Lubuk Basung.

“Aspirasi dari masyarakat kita tampung. Nanti akan kita rapatkan. ... Baca halaman selanjutnya