BPBD Solsel: Banjir Bandang di Kecamatan KPGD Diduga Akibat Illegal Logging

"Kami menduga, di bukit tersebut sebelumnya terjadi aktifitas illegal logging, sehingga begitu hujan lebat, terjadilah longsor sehingga menyebabkan terjadinya banjir bandang di empat jorong di Nagari Pakan Raba'a Tengah."
Potongan kayu berukuran besar yang dibawa banjir bandang diduga hasil illegal logging (Riki/ Klikpositif)

SOLSEL, KLIKPOSITIF -- BPBD Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menduga bencana banjir yang terjadi di Nagari Pakan Raba'a Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) pada Kamis (14/9) malam, disebabkan karena adanya aktivitas pembalakan liar atau illegal logging.

Hal ini diungkapkan Kepala Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Solsel, Rusdi Harmen, saat ditemui KLIKPOSITIF.COM di Posko Penanggulangan Bencana Banjir Bandang Nagari Pakan Raba'a Tengah, di Kantor Camat KPGD, Sabtu, (16/9) malam.

Baca juga: Bantuan dari Semen Padang Sampai di Lokasi Banjir Solsel

Rusdi menyebut BPBD menduga bencana banjir bandang itu akibat illeggal logging, karena dari gambaran di lapangan, diketahui bahwa pada Kamis kemarin, kondisi hujan di empat jorong di Nagari Pakan Raba'a Tengah intensitasnya hanya sedang.

Hujan lebat, kata dia, hanya terjadi di daerah hulu, yaitu di Bukit Mudiak Sako yang lokasinya, juga berada di wilayah Nagari Pakan Raba'a Tengah. Di bawah bukit tersebut, mengalir dua sungai, yaitu Sungai Anak Lolo dan Batang Lolo.

Baca juga: Semen Padang Kirim Relawan TRC ke Lokasi Banjir di Solsel

"Kami menduga, di bukit tersebut sebelumnya terjadi aktivitas illegal logging, sehingga begitu hujan lebat, terjadilah longsor dan menyebabkan banjir bandang di empat jorong di Nagari Pakan Raba'a Tengah. Empat jorong tersebut berada tidak jauh dari aliran Sungai Anak Lolo dan Batang Lolo," ujarnya.

Dugaan lainnya, sebut Rusdi, material yang dibawa banjir bandang terdapat kayu yang diduga hasil illegal logging dengan diameter kayu mencapai 60 sentimeter. Kata Rusdi, setelah tanggap darurat dicabut ... Baca halaman selanjutnya