Bulan Ini, Jokowi Lounching Tol Padang - Pakanbaru

"jalan tol penghubung Sumatera Barat dengan Riau itu memiliki panjang 240 kilometer"
Ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Presiden Jokowi direncanakan akan melounching pembangunan awal (Ground Breaking) jalan tol Padang - Pekanbaru pada bulan ini di Sicicin, Kabupaten Padang Pariaman-Sumbar.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno sebelum memulai rapat koordinasi persiapan kedatangan Presiden usai pelantikan Kepala Inspektorat Provinsi di Auditorium Gubernuran, Selasa (3/10).

"Jadi dua minggu lagi Presiden akan datang. hari ini (Selasa-red) kami mau rapat," ujarnya.

Namun, gubernur belum bisa memastikan kapan hari kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut. "Jauh-jauh hari kami rampungkan dulu persiapan kedatangan beliau kesini," ungkapnya.

Disebutkannya, informasi itu diperolehnya setelah mendapatkan info dari Menteri Pekerjaana Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono.

"Pak Basuki nelpon saya tadi malam berikan informasi tersebut. Bahwa Presiden akan ke Sumbar terkait pembangunan jalan tol Padang - Pekanbaru ini," ulasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menejer Senior Bagian Teknik Hutama Karya Dinny Surya Kencana mengatakan, untuk pengerjaan pembangunan jalan tol Padang - Pekanbaru akan dimulai secara bertahap.

Untuk tahap awal pengerjaan dari Padang-Duku-Sicincin dengan anggaran sebesar Rp6 triliun sepanjang 27 kilometer dan lebar 60 meter. Sedangkan dari Arah Pekanbaru dimulai dari Pekanbaru-Kampar sepanjang 17 kilometer.

Jalan tol penghubung Sumatera Barat dengan Riau itu memiliki panjang 240 kilometer. Proyek nasional ini akan dikerjakan PT Hutama Karya hingga tahun 2024 dengan perkiraan menghabiskan dana sebesar Rp 35 triliun hingga tuntas. (Joni Abdul Kasir)