Mengenal 15 Sosok Pahlawan Nasional Asal Sumatera Barat (Bagian 6)

"Masih banyak pejuang asal Sumbar yang belum terdata oleh pemerintah pusat"
Tamansari Pahlawan Nasional Asal Minangkabau (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemeritah Indonesia saat ini mencatat, terdapat 173 pejuang yang terdaftar sebagai pahlawan nasional. Dari keseluruhan, 15 orang diantaranya berasal dari Sumatera Barat.

Menurut Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, selain dari 15 orang tersebut, masih banyak pejuang asal Sumbar yang belum terdata oleh pemerintah pusat-salah satunya H. Bagindo Dahlan Abdoellah asal Pariaman.

"Masih banyak lagi, dan kami terus mengusulkan ke pemerintah agar yang belum terdata itu masuk dalam daftar pahlawan nasional, karena orang Minang mempunyai andil yang cukup besar pada masa perjuangan Republik Indonesia," katanya.

Wagub merinci 15 nama Pahlawan Nasional dari Minangkabau yakni Abdoel Halim, Ilyas Yakoub, Rasuna Said, Tuanku Imam Bonjol, Mohammad Natsir, Abdul Muis, Bagindo Aziz Chan, Adnan Kapau Gani, Hamka, Tan Malaka, Mohammad Hatta, Mohammad Yamin, H. Agus Salim, Sutan Syahrir, dan Hazairin.

Untuk lebih lengkap, mari simak sosok 15 orang pahlawan nasional asal Sumatera Barat berikut ini:

- Muhammad Yamin

Ia adalah sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan ahli hukum yang telah dihormati sebagai pahlawan nasional Indonesia.

Ia merupakan salah satu perintis puisi modern Indonesia dan pelopor Sumpah Pemuda sekaligus "pencipta imaji keindonesiaan" yang mempengaruhi sejarah persatuan Indonesia, yang di lahir Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat, 24 Agustus 1903 dan meninggal di Jakarta, 17 Oktober 1962 pada umur 59 tahun.

Pahlawan satu ini juga dikenal sebagai salah satu perancang teks Pancasila bersama Presiden Soekarno. Sejarah lengkap Muhammad Yamin, silahkan klik disini.

- H. Agus Salim

Pahlawan ini lahir dengan nama Mashudul Haq yang berarti "pembela kebenaran". Ia lahir di Koto Gadang, Agam, Sumatera Barat, Hindia Belanda, 8 Oktober ... Baca halaman selanjutnya