Jual Narkoba di Pacuan Kuda, Ketua Demokrat Sawahlunto Ditangkap

"Indah Asrijal dibekuk bersama seorang rekannya yang diketahui bernama Adismar (44)"
BNNP Sumbar memaparkan penangkapn Ketua Demokrat Sawahlunto (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Narkotika Kota (BNK) Sawahlunto menangkap Ketua Partai Demokrat Kota Sawahlunto, Indah Asrijal di Taman Satwa Kandih Kota Sawahlunto pada Kamis, 7 Desember 2017 sekitar pukul 19.30 WIB.

Indah Asrijal dibekuk bersama seorang rekannya yang diketahui bernama Adismar (44).

Kepala BNNP Sumbar, Brigjen Pol Syamsul Bahri mengatakan penangkapan tersebut dilakukan saat operasi Bersinar (Bersih Narkoba).

"Kita menindak lanjuti informasi dari masyarakat, dari hasil penyelidikan selama dua bulan ternyata benar ada peredaran narkoba jenis sabu di sebuah pacuan kuda yang dilakukan oleh kedua tersangka," katanya.

Ia menduga, tersangka Asrijal yang merupakan pemilik dari sarana pacuan tersebut kerap menjual narkoba ke joki kuda untuk memacu adrenalin saat balapan.

"Alasan penggunaan sabu untuk memacu adrenalin para joki pacuan kuda di sana," ujar Syamsul.

Saat penangkapan sebut Syamsul, kedua tersangka sempat melarikan diri dengan sebuah mobil, dan terlibat kejar-kejaran dengan petugas.

"Namun tidak lama kemudian, mereka berhasil dibekuk di depan taman Satwa Kandih, dan hal itu disaksikan langsung oleh pejabat desa setempat," ungkapnya.

Usai ditangkap, BNN kemudian membawa kedua tersangka kembali ke lokasi pacuan kuda untuk mencari barang bukti.

"Benar saja, setelah digeledah petugas menemukan seperangkat alat hisap di atas kursi kantornya dan sabu-sabu bekas pakai di pakaian tersangka," jelas Syamsul.

Selain bukti tersebut, Asrijal dan rekannya juga diketahui positif Methaphetamine setelah mereka menjalani tes urine.

"Jadi selain mengedarkan narkoba, mereka juga pemakai. Saat ini keduanya telah kami tahan dan menjalani pemeriksaan lanjutan," pungkas Syamsul kemudian.

[Halbert Chaniago]