Dishub Sumbar Siagakan Mobil Derek di Kawasan Lembah Anai, Ini Alasannya

" pihaknya juga telah memeriksakan kelaikan Armada Angkutan Umum (AKDP/AKAP) serta Bus Pariwisata yang harus layak jalan atau layak operasi"
kawasan lembah anai (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dinas Perhubungan Sumbar menyiapkan mobil derek untuk mengantisipasi libur Natal dan Tahun Baru 2018 yang diperkirakan akan menyedot mobilitas masyarakat. Terlebih dua hari libur tersebut posisinya di akhir pekan.

Khusus Natal, persiapan dilakukan selama dua hari dari tanggal 24-25 Desember.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Amran mengatakan, bahwa dua momen tersebut aktivitas dan pergerakan berapa kegiatan akan dilakukan masyarakat. Kemacetan diperkirakan terjadi disekitar kawasan lembah Anai-Selaing. Jalur tersebut merupakan jalur lalu lintas angkutan umum, pribadi yang perlu pengaturan pengamanan serta melakukan persiapan yang terkoordinasi yang efektif dan optimal.

"Kami telah menyediakan mobil derek di kawasan Lembah Anai. Sebab, mobil derek akan bisa mengatasi kemacetan yang disebabkan kendaraan rusak di kawasan Lembah Anai dan sekitarnya," katanya, Sabtu 23 Desember 2017.

Di samping itu, pihaknya juga telah memeriksakan kelaikan Armada Angkutan Umum (AKDP/AKAP) serta Bus Pariwisata yang harus layak jalan atau layak operasi. Kemudian, kesiapan fasiltas lalu lintas serta rambu-rambu keselamatan di jalur jalan yang akan menjadi jalur lalulintas umum dan Jalur menuju Objek wisata.

"Tidak hanya Bus AKAP dan AKDP saja yang kita lakukan pengecekan, namun Angkot juga kita cek, agar terciptanya suatu kenyamanan bagi penumpang angkutan umum. Bagi mobil angkutan penumpang dan orang yang dinyatakan sesuai dengan aturan, akan dipasangi tanda berupa stiker Laik Jalan Angkutan Penumpang Umum Tahun 2017," sebutnya.

Ia menuturkan, meski pengamanan Natal 2017 hanya dua hari, namun Dishub Sumbar akan selalu melakukan monitoring dan penertiban hingga awal Januari 2018 bersama Polda Sumbar dan Dishub di Kabupaten dan Kota.

"Ini bertujuan menciptakan rasa aman pada para pemudik dan mencegah hal-hal yang dapat mengganggu kondusifitas keamanan di wilayah hukum Provinsi Sumbar serta ... Baca halaman selanjutnya