Sergei Eisenstein Sineas Rusia Pionir Teknik Montase

"Sergei dikenal sebagai pelopor teknik montase"
Sergei Eisenstein

KLIKPOSITIF-Jike membuka laman Google, pengguna bakal menemukan seorang sosok dengan gulungan-gulungan negatif film sebagai Google Doodle hari ini. Google merangkai potongan-potongan film tersebut menjadi rangkaian tulisan Google.

Sosok di belakang tulisa dari negatif film bernama Sergei Eisenstein seorang sineas Rusia pada awal abad ke-20. Sutradara film ini berulang tahun hari ini. Sergei Lahir di Uni Soviet pada 1898 atau tepat 120 tahun yang lalu. Dia tutup usia pada 11 Februari 1948 di Moskow, Rusia.

Sergei dikenal sebagai pelopor teknik montase. Sebuah teknik menyatukan serangkaian gambar berdurasi pendek disusun membentuk sebuah sekuens utuh untuk memadatkan ruang, waktu, dan informasi, sekaligus meneruskan kesan tertentu. Sejumlah karyanya adalah Batleship Potemkin, Strike, dan The General Line.

Dalam keterangannya Google menuliskan film-film Sergei juga revolusioner. Dia sering menggambarkan perjuangan para pekerja melawan kelas penguasa. Teknik montase dalam adegan film Battleship Potemkin karya Sergei sangat terkenal dan mengisnpirasi. Ini juga mempengaruhi para pembuat film lain sehingga mulai melakukan editing dengan gaya montase seperti Eisenstein.