Masyarakat Mentawai Diimbau untuk Tidak Terpancing Isu Sara Apapun

"Bupati juga minta seluruh masyarakat Mentawai baik yang berada di luar maupun yang berada di Mentawai sendiri untuk bisa menahan diri dan tidak menambah isu-isu serta mengambil tindakan sendiri"
Kapolres Mentawai AKBP Hendri Yahya (Net)

KLIKPOSITIF, MENTAWAI – Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet bersama Forkopimda setempat mengimbau masyarakat untuk tidak terpancing emoasinya terkait adanya isu sara yang tentunya dapat merusakan keamanan dan rasa ketentraman. Hal itu diungkapkan Bupati berkaitan dengan adanya beberapa selebaran terkait informasi isu sara beredar di wilayah Tuapejat. Selebaran tersebut disebar oleh Orang Tak di Kenal (OTK).

Selebaran kertas yang ditempelkan itu berisi ujaran kebencian serta hasutan kepada masyarakat Mentawai. Dalam selebaran tersebut, terungkap kebencian yang menghasut warga agar tidak mengikuti atau menerima suatu agama di Mentawai. Bupati mengungkapkan, dari dulu hingga saat ini, Mentawai tidak pernah bermasalah terkait agama yang dinyatakan dalam lembaran tersebut.

“Situasi kondisi Mentawai saat ini kondusif. Persoalan isu SARA yang ditempelkan OTK tersebut, kita serahkan kepada pihak hukum untuk menyelidikinya. Saat ini, initel gabungan sedang bekerja,” ujar Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet.

Bupati juga minta seluruh masyarakat Mentawai baik yang berada di luar maupun yang berada di Mentawai sendiri untuk bisa menahan diri dan tidak menambah isu-isu serta mengambil tindakan sendiri.

Sementara itu, Kabagops Polres Mentawai, Kompol. Andawizar menambahkan, saat ini personil sedang melakukan koordinasi di lapangan dan melakukan operasi Cipta Kondisi. “Kita tidak mau ada perpecahan di Mentawai. Kita mau Mentawai aman dan kondusif,” katanya.

Secara hukum, ungkap Andawizar, kepolisian tetap mencari pelaku penebar ujar kebencian tersebut. Polisi tidak main-main dalam hal itu karena bisa merusak, mengadu domba dalam pemerintahan. (Adv)