DAK 2018 Kabupaten Mentawai Ditargetkan untuk Pembangunan Satu Irigasi Baru

"Pengusulan anggaran DAK khusus untuk peningkatan pembangunan irigasi di Mentawai merupakan yang terakhir tahun ini"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF, TUAPEJAT – Pemerintah Kabupaten Mentawai rencananya akan membangun satu irigasi baru dengan (Dana Alokasi Khusus) DAK 2018. Melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Mentawai akan menambah lima kegiatan dibanding tahun lalu dengan DAK 2018.

"Pengusulan anggaran DAK khusus untuk peningkatan pembangunan irigasi di Mentawai merupakan yang terakhir tahun ini. Pasalnya, jaringan pembangunan irigasi sudah semua terbangun, tinggal tugas dari Dinas Pertanian Mentawai dengan petani," ujar Kepala Bidang PSDA, Brandus Simanjuntak.

Tahun 2018, kata Brandus Simanjuntak, PSDA Mentawai hanya mendapatkan penambahan baru 5 pembangunan dari DAK, antara lain, irigasi Pogari, irigasi Saureinuk, irigasi Sibabai, Irigasi Mabolak dan Irigasi Malakopak.

Untuk pembangunan irigasi baru akan dibangun di Desa Saumangaya Kecamatan Pagai Utara dengan anggaran sebesar Rp3,2 miliar. Bangunan baru tersebut meliputi pembangunan bendungan, tangkuran dan tambah bangunan. Untuk pengusulan anggaran dana DAK tahun 2018, papar Brandus, sebanyak Rp83,2 miliar, namun yang lolos hanya Rp9,2 miliar untuk 5 kegiatan peningkatan dan satu pembangunan irigasi baru.

Dikatakan Brandus, pembangunan irigasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah terlaksana sebanyak 8 bendungan. Pekerjaan tersebut dimulai sejak tahun 2003 dan pertama kali di lokasi Panaksakat dan Mabolak. (Adv)