Pemkab Mentawai Gelar Seleksi Tenaga Kontrak untuk 36 Tenaga Kontrak

" seleksi yang dilakukan Pemkab Mentawai tersebut dilaksanakan setiap OPD"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF, MENTAWAI – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar seleksi tenaga kontrak yang akan ditetapkan sebagai Pegawai Kontrak Daerah (PKD) untuk ditempatkan pada 36 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai kebutuhan.

Jumlah Pegawai Kontrak Daerah (PKD) Pemkab Mentawai di 36 OPD itu sebanyak 3687 orang, yang diusulkan sebanyak 3047 dan yang disetujui sebanyak 3352 orang. Jadi, ada pengurangan PKD di Mentawai menjadi hanya sebanyak 335 orang.

Sekdakab Mentawai, Syaiful Jannah mengungkapkan, seleksi yang dilakukan Pemkab Mentawai tersebut dilaksanakan setiap OPD. Sementara, untuk tenaga kontrak yang berada di luar wilayah Tuapeijat, seleksinya dilakukan di masing-masing kecamatan.

Ia mengungkapkan, Pemda tidak merumahkan PKD atau tenaga honorer, akan tetapi dilakukan penataan ulang sesuai dengan masa kontrak kerja antara pemda dengan PKD yang telah berakhir tanggal 31 Desember 2017. "Untuk melakukan ikatan kontrak secara hukum, harus dilakukan pendataan ulang dalam rangka memastikan penempatan PKD sesuai kualifikasi dan kebutuhan setiap OPD," kata Syaiful Jannah.

Seleksi yang dilakukan tersebut, lanjut Syaiful, untuk mengetahui kompetensi dari setiap tenaga kontrak yang bakal direkrut untuk membantu Pemda dalam rangka penyelengaraan tugas-tugas pemerintahan. Pelaksanaan seleksi dibagi menjadi dua kategori, yaitu Tenaga Teknis (bidang administrasi perkantoran), tenaga cleaning service, keamanan (Satpam) dan Anak Buah Kapal (ABK). Seluruhnya dilakukan ujian tertulis dan wawancara.(Adv)