Pemkab Mentawai Masih Banyak Membutuhkan Tenaga Pengajar

"ketersediaan tenaga guru di Mentawai hanya ada 752 orang dari total yang dibutuhkan sebanyak 1.296 guru yang tersebar di Kepulauan Mentawai"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF, MENTAWAI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai mengungkapkan bahwa Kabupaten Kepulauan Mentawai masih kekurangan tenaga guru yang berstatus PNS. Di Mentawai, jumlah guru tingkat Sekolah Dasar (SD) yang berstatus PNS di baru 752 orang, sementara itu, jumlah yang dibutuhkan sebanyak 1.296 guru.

"Saat ini guru kontrak daerah ada sebanyak 378 orang. Namun, angka tersebut belum mencukupi dan masih dibutuhkan 166 orang lagi. Idealnya, setiap SD memiliki 12 guru. Sementara, ketersediaan tenaga guru di Mentawai hanya ada 752 orang dari total yang dibutuhkan sebanyak 1.296 guru yang tersebar di Kepulauan Mentawai," ujar Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Diksar) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai, Qamaisir

Ia mengungkapkan, kekurangan tenaga guru SD di Kepulauan Mentawai itu sebanyak 544 orang. Hal itu tetap kita upayakan untuk dipenuhi sesuai dengan kemampuan anggaran APBD.

"sebenarnya kekurangan tenaga guru bukan hanya guru SD, namun juga untuk guru SMP. Yang tersedia saat ini hanya 179 guru berstatus PNS dan guru kontrak 151 orang yang mengajar di 13 SMP yang tersebar di Bumi Sikerei," kata Qamaisir lagi.

Meski dibantu dengan guru kontrak, lanjut Qamaisir, kebutuhan tersebut belum juga terpenuhi. Diharapkan ada solusi untuk mencapai target, sehingga kebutuhan tenaga guru di Bumi Sikerei tidak lagi kekurangan. (Adv)