Dinkes Mentawai: 6500 Lebih Warga Mentawai Belum Terdaftar di BPJS

"Jadi, masih banyak ruang untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta BPJS, baik dari pegawai honor, wirasawasta maupun masyarakat umum"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF, MENTAWAI – Peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai tercatat sebanyak 76.698 orang. Sementara, jumlah penduduk sesuai data Dinas Dukcapil Mentawai tercatat sebanyak 83,261 jiwa. Dilansir dari Padangmedia.com, masih ada sekitar 6.500 jiwa lebih yang belum menjadi peserta BPJS.

“Jadi, masih banyak ruang untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta BPJS, baik dari pegawai honor, wirasawasta maupun masyarakat umum,” kata Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar kepada padangmedia.com, Rabu (24/1).

Sementara itu, bagi yang belum memiliki kartu BPJS, sudah ditanggung dananya oleh Pemkab Mentawai. Tahun 2018 ini akan diupayakan bisa mencapai target sesuai dengan data penduduk yang terdaftar di Dukcapil Mentawai.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatutan BPJS Cabang Padang, Eva Kurnia Sari di Mentawai menyebutkan, sesuai dengan Intruksi Presiden, seluruh kepala daerah harus menyukseskan program strategis tersebut. Dengan adanya MoU Pemkab Mentawai melalui Dinas Kesehatan dengan BPJS, mulai dari masyarakat tak mampu tidak akan susah lagi mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS, karena pemerintah sudah mengalokasikan anggaran. (Adv)