48 Kepala Sekolah Berkompeten Masih Dibutuhkan di Mentawai

"kepala sekolah yang sudah memiliki sertifikat kompetensi tersebut, untuk tingkat SD sebanyak 71 (dari 108 sekolah) dan SMP 13 orang dari 24 sekolah"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF, MENTAWAI – Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Diknas) Mentawai, Qamaisir, mengungkapkan bahwa Kabupaten Mentawai masih kekurangan kepala sekolah kompeten, karena dari 132 sekolah SD dan SMP di Mentawai, yang memiliki sertifikat kompeten baru 84 kepala sekolah. Sementara, 48 lainnya belum.

Ia mengungkapkan, kepala sekolah yang sudah memiliki sertifikat kompetensi tersebut, untuk tingkat SD sebanyak 71 (dari 108 sekolah) dan SMP 13 orang dari 24 sekolah.

Kepala sekolah yang sudah memiliki sertifikat kompeten hanya boleh menjabat empat tahun. Apabila dipandang cakap dan mampu, maka akan ditambah masa jabatannya empat tahun lagi. Artinya, masa jabatan kepala sekolah itu hanya boleh 8 tahun dan dikembalikan lagi sebagai guru biasa. Akan tetapi, kalau selama satu tahun kinerjanya bagus, boleh diusulkan kembali menjadi kepala sekolah.

Tahun 2018 ini, Pemkab Mentawai akan kembali melakukan perekrutan untuk memenuhi standar Nasional sesuai Permendiknas nomor 28 tahun 2010 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah atau madrasah.

Adapun persyaratan menjadi kepala sekolah harus S1 untuk jenjang tingkat SD dan maksimal golongan IV a. Namun, khusus di Mentawai, masih ada yang golongan III d karena Mentawai merupakan daerah kepulauan yang masih serba kekurangan, tukasnya. (Adv)

Sumber: www.Padangmedia.com