Realisasi PAD Mentawai Tahun 2017 Tak Sampai 70 Persen

"Pendapatan Daerah yang sah hanya Rp10 miliar atau 36,80 persen"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF, TUAPEJAT – Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2017 mencapai Rp33,135 miliar atau 68,91 persen. Sementara, Pendapatan Daerah yang sah hanya Rp10 miliar atau 36,80 persen. Adapun jenis pendapatan daerah Mentawai yang diperoleh, terdiri dari pajak hotel seperti losmen, rumah penginapan, persanggrahan, hotel dan rumah resort. Pajak restoran meliputi rumah makan, kafe, kantin, warung dan jasa boga. Itupun belum semua yang membayar pajak ke khas daerah Mentawai.

"Pendapatan yang lain seperti pajak reklame, yaitu reklame papan, billboard, videotron dan megatron, Pajak Penerangan Jalan (PPJ), Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan, dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan," ujar Kepala Bidang Pajak Badan Keuangan Daerah Mentawai, Martauli.

Hasil bagian laba atas penyertaan modal BUMD tahun 2017 mencapai 19,215 miliar atau 78,99 persen meliputi dari dana deviden, antara lain Bank Nagari, BPR Sipora, dan BPR Sikakap. Sementara, bunga deposito berasal dari Bank Negara Indonesia (BNI) cabang Padang, Bank BNI cabang Mentawai dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Sementara, untuk pajak penerangan jalan di Kepulauan Mentawai yang dikelola PLN Rayon Tuapeijat tiap tahun naik karena pelanggan PLN terus bertambah. Apalagi PLN saat ini sedang gencar-gencarnya membuat penerangan baru di daerah pedesaan. (Adv)

Sumber: www.Padangmedia.com