Sifat Genetik Kelelawar yang Menyimpan Rahasia Umur Panjang

"Saat ini periset membuka rahasia umur panjang kelelawar untuk melawan efek penuaan pada orang."
Kelelawar merupakan mamalia berumur panjang (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Kelelawar merupakan mamalia berumur panjang. Saat ini periset membuka rahasia umur panjang kelelawar untuk melawan efek penuaan pada orang.

Para ilmuwan mengatakan tidak seperti pada manusia dan kebanyakan hewan lainnya, dalam spesies kelelawar ini, struktur yang disebut telomeres berada di ujung kromosom, benang seperti benang di dalam inti sel yang membawa gen dalam menentukan faktor keturunan, tidak mempersingkat usia.

Dilansir dari laman reuters, hanya 19 spesies mamalia yang berumur panjang dibandingkan manusia yang relatif terhadap ukuran tubuh. Delapan belas dari mereka adalah kelelawar, beberapa di antaranya hidup lebih dari empat dekade. Yang lainnya adalah binatang pengerat Afrika aneh yang disebut tikus mol telanjang.

"Para peneliti mengidentifikasi dua gen pada kelelawar bertelinga mouse yang lebih besar mungkin bertanggung jawab atas adaptasi umur panjang yang unik. Mekanisme ini bisa menjadi fokus studi masa depan mengenai penuaan, dengan mata memperluas rentang hidup sehat pada orang-orang," kata periset tersebut.

Telomeres adalah tutup pelindung pada ujung kromosom yang mempersingkat setiap kali sel membelah. Ini mendorong proses penuaan alami, yang menyebabkan kerusakan sel yang seiring waktu dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan akhirnya kematian.

"Mempelajari mamalia berumur panjang yang secara alami telah berevolusi melawan penuaan merupakan cara alternatif untuk mengidentifikasi basis molekuler rentang kesehatan yang diperluas," kata ahli biologi Emma Teeling dari University College Dublin di Irlandia.

"Kelelawar adalah spesies model baru yang menarik yang memungkinkan kita mengidentifikasi mekanisme molekuler baru mendorong penuaan sehat," jelasnya.

Para peneliti mempelajari 493 kelelawar individu dari empat spesies: kelelawar bertelinga mouse yang lebih besar dan kelelawar Bechstein, keduanya anggota genus kelelawar yang disebut Myotis; ... Baca halaman selanjutnya