Ilmuwan: Orang Inggris Kuno Miliki Kulit Gelap dan Mata Biru

"Temuan tersebut menunjukkan bahwa pigmentasi kulit yang lebih ringan"
"Cheddar Man", merupakan kerangka manusia tertua di Inggris yang hampir lengkap, memiliki kulit gelap, mata biru dan rambut keriting gelap (Net)

KLIKPOSITIF - "Cheddar Man", merupakan kerangka manusia tertua di Inggris yang hampir lengkap, memiliki kulit gelap, mata biru dan rambut keriting gelap saat ia tinggal di tempat yang sekarang berada di barat daya Inggris 10.000 tahun yang lalu, kata para ilmuwan yang membaca DNA yang telah ditemukan.

"Temuan tersebut menunjukkan bahwa pigmentasi kulit yang lebih ringan yang sekarang dilihat sebagai ciri khas orang Eropa utara jauh lebih baru dari yang diperkirakan sebelumnya," menurut periset dari University College London (UCL).

Warna kulit Cheddar Man digambarkan "gelap sampai hitam" oleh tim ilmiah yang juga melibatkan peneliti dari Museum Sejarah Alam London, di mana kerangka itu dipamerkan di galeri Human Evolution.

"Untuk melampaui apa yang tulang-tulang memberi tahu kita dan mendapatkan gambaran ilmiah tentang apa yang sebenarnya tampak seperti itu adalah luar biasa, dan dari hasil tersebut cukup mengejutkan pencapaiannya," kata Chris Stringer, pemimpin riset museum di Human Origins.

Ditemukan pada tahun 1903 di sebuah gua di Ngarai Cheddar, di daerah Somerset, pria era Mesolitik adalah seorang pemburu-pengumpul yang nenek moyangnya bermigrasi ke Eropa pada akhir Zaman Es terakhir.

"Tiga ratus generasi kemudian, sekitar 10 persen keturunan asli Inggris dapat dikaitkan dengan orang-orang Cheddar Man," kata para ilmuwan.

Dilansir dari laman reuters, para ahli dari laboratorium DNA kuno Museum Sejarah Alam mengebor sebuah lubang kecil ke dalam tengkorak untuk mendapatkan informasi genetik.

DNA itu sangat terpelihara dengan baik, memungkinkan para ilmuwan mengurutkan genome Cheddar Man untuk pertama kalinya dan menganalisisnya untuk menentukan aspek penampilannya.

Kemudian, sepasang seniman Belanda yang ahli dalam pembuatan model paleontologi, Alfons dan Adrie Kennis, menggunakan pemindai berteknologi tinggi untuk membuat model tiga dimensi kepala Cheddar ... Baca halaman selanjutnya