Slumdog Millionaire Film Terbaik Oscar 2009

"Slumdog Millionaire tidak terhindar dari kontroversi"
Dev Patel dalam film Slumdog Millioniare (net)

KLIKPOSITIF-Jamal Malik diperankan oleh Dev Patel, remaja berumur 18 tahun dituduh melakukan kecurangan saat menjadi kontestan acara Who Wants to be A Millionaire, dan tinggal satu pertanyaan lagi untuk mendapatkan hadiah utama 20 juta rupee, hal yang mencurigakan bagi remaja yang bahkan tidak mengetahui tokoh pada uang seratus rupee. Melalui kenangan masa lalunya pada setiap soal yang diberikan, Jamal sukses menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.    

Slumdog Millionaire bisa dikatakan sebagai paket lengkap yang digarap oleh Danny Boyle. Jim Vejyoda editor dari IGN Movies menyebut film ini mempunyai humor, drama, romansa, suspense dan tentunya hal wajib bagi film yang berasal dari India yaitu soundtrack yang menarik. “Jai Ho” lagu penutup film ini menjadi fenomenal pada tahun itu, dan menjadi pemenang Best Original Song pada 81st Academy Awards.

Film ini juga menjadi awal karir dari Dev Patel dan Freida Pinto pemeran karakter Latika. Khususnya bagi Dev tahun lalu merupakan puncak kesuksesan. Namanya masuk dalam nominasi aktor terbaik Oscar pertamanya di film Lion, yang juga bertemakan serupa dengan Slumdog Millionaire, seorang anak dari pemukiman kumuh di India yang berhasil mendapat kesuksesan melalui banyak rintangan dan perjuangan.

Meskipun menuai pujian dan menjadi urutan teratas bagi banyak kritikus dan situs film, Slumdog Millionaire tidak terhindar dari kontroversi. Diantaranya kasus eksploitasi anak-anak yang berperan pada film ini, stereotip barat terhadap India, dan protes dari tokoh dan organisasi terkemuka India terhadap penggambaran kemiskinan di negara tersebut. Nicolas Almeida aktivis sosial di Mumbai, menyebut Slumdog melakukan eksploitasi terhadap kemiskinan untuk tujuan laba pembuat film semata.

Fadil Ediz