Catatan Dosen Ilmu Budaya UBH, Antara HPN dan Makan Bajamba

"Apa itu makan bajamba? Dari beberapa literatur dikatakan, makan bajamba merupakan salah satu tradisi masyarakat Minangkabau untuk makan bajamba atau makan barapak (duduk bersama) dengan nasi dan lauknya diletakan di sebuah dulang besar"
Dosen Senior Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Bung Hatta, Dr. Hj. Yusrita Yanti,M.Hum (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- “Suatu sore saya ditanya oleh seorang ibu “ibu ikut acara makan bajamba..? Rame lo yang ikut..yuuk bu ikut?” Sambil tersenyum saya jawab “waahh.. bagus itu..insya Allah..”. Ibu lain disamping saya nyeletuk “Apa itu makan bajamba?” tulis Dosen Senior Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Bung Hatta, Dr. Hj. Yusrita Yanti,M.Hum, daalam tulisanya yang dikrim ke Redaksi KLIKPOSITIF.

Yusrita Yanti menjelaskan, di zaman now, barangkali banyak yang lupa atau tidak tahu dengan tradisi makan bajamba. Apa itu makan bajamba? Dari beberapa literatur dikatakan, makan bajamba merupakan salah satu tradisi masyarakat Minangkabau untuk makan bajamba atau makan barapak (duduk bersama) dengan nasi dan lauknya diletakan di sebuah dulang besar.

“Makan bajamba ini digelar ketika ada acara hari-hari besar agama Islam, upacara adat, dan berbagai pertemuan penting lainnya. Makan bajamba dilakukan oleh masyarakat Minangkabau yang dibagi per-kelompok dengan cara duduk bersimpuh buat perempuan dan baselo buat laki-laki di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan. Kemudian perkelompok menghadapi satu dulang (piring besar) yang berisi makanan yang siap untuk dimakan,” kata Yusrita Yanti.

Setiap kelompok terdiri dari lima atau tujuh orang yang akan menyuap nasi dengan hati-hati per-suap sambil tangan kiri juga siap menampung kalau ada nasi atau lauk yang tumpah atau jatuh dari mulut agar tidak mengotori makanan yang ada di dulang sehingga tidak terkesan kotor atau menjijikkan.

Pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat yang dipimpin Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bekerjasama dengan panitia HPN 2018 menggelar berbagai rangkaian acara yang bermanfaat buat masyarakat seperti pergelaran seni dan budaya, termasuk acara makan bajamba yang diikuti masyarakat dari berbagai unsur dan organisasi yang ada di Sumatera ... Baca halaman selanjutnya