Pemko Bukittinggi Bangun Sektor Damkar di Mandiangin

"Kantor ini dibangun persis di sebelah kantor Camat MKS yang berlokasi di Jalan Bypass Surau Gadang"
Peletakan batu pertama pembangunan Kantor Sektor Damkar MKS (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Bukittinggi akan segera menyebar mobil pemadam kebakaran yang selama ini dipusatkan di Kantor Damkar dekat DPRD Bukittinggi.

Upaya ini bertujuan agar mobil damkar lebih cepat tiba di lokasi ketika terjadi kebakaran, karena di masing-masing kecamatan akan ditempatkan armada damkar.

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyebut, langkah awal untuk merealisasikan rencana ini adalah melakukan pembangunan sektor damkar di Kecamatan Mandiangin Koto Selatan (MKS), Kamis 8 Februari 2018.

Kantor Sektor Damkar MKS, dibangun persis di sebelah kantor Camat MKS yang berlokasi di Jalan Bypass Surau Gadang.

"Tahun ini, kita selesaikan dulu di sini. Nanti akan kita bangun lagi di Kecamatan Guguak Panjang dan ABTB. Tiap Kecamatan harus punya sektor damkar sendiri," ucap Ramlan Nurmatias.

Hal ini, kata Ramlan, akan sangat efektif jika mobil damkar dipindahkan ke sektor-sektor Kecamatan. Sebab, lokasi kantor Damkar yang sekarang, sangat dekat dengan pusat kota yang arus lalul intasnya sangat padat.

"Jika terjadi kebakaran, tentu resikonya sangat besar sebab lokasinya di pusat. Kalau di pindahkan ke sini, tentu gampang dan tak terlalu mengganggu arus lalin," ulasnya.

Direncanakan, jika kantor sektor Damkar MKS selesai, dua mobil damkar akan standby di sana.

"Kita kan ada 6 mobil, tiap sektor kita taruh 2 mobil. Rencananya kita tambah satu mobil untuk standby di kantor dinas Damkar," pungkasnya.

[Hatta Rizal]