CK Center yang Terbakar di Bukittinggi, Merupakan Bangunan Cagar Budaya

"Tak diketahui pasti kapan bangunan itu mulai berdiri"
Kebakaran CK Center Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Bangunan CK Center (Family Karaoke, Fitnes, Cafe, Resto) yang terbakar di Bukittinggi ternyata merupakan bangunan cagar budaya yang sudah terdaftar.

Kepala Seksi Cagar Budaya dan Peninggalan Sejarah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi Beta Ayu Listyorini mengatakan, bangunan tersebut sudah terdaftar sejak 2012.

"Tak diketahui pasti kapan bangunan itu mulai berdiri, yang jelas pada zaman kolonial," ucapnya, Jum'at 9 Februari 2018.

Sebutnya, pada masa silam, bangunan itu berfungsi sebagai tempat tinggal yang kemudian beralih fungsi menjadi toko souvenir bercorak etnik tradisional sehingga bangunan cagar budaya ini terdaftar sebagai Toko Souvenir, yang beralamat di Jalan Ahmad Yani nomor 85.

Bangunan berasitektur khas kolonial ini, memiliki ciri khas lewat pintu, jendela lebar dan besar, berdinding beton sehingga terkesan sangat kokoh.

Secara keseluruhan, bangunan cagar budaya tersebut memiliki luas 14,50x10,60 meter.

"Artinya, karena itu merupakan benda cagar budaya, nantinya harus dikembalikan ke bentuk semula, materialnya pun harus sama. Tidak boleh dihancurkan atau diganti dengan model yang baru," ucap Beta Ayu Listyorini.

Sebelumnya, bangunan ini hangus terbakar sekitar pukul 06.00 WIB pada 6 Februari 2018. Penyebab api, diduga berasal dari salah satu lemari pendingin.

Api baru bisa dipadamkan pada pukul 08.15 WIB, dengan taksiran kerugian berkisar 500-1 miliar Rupiah.

[Hatta Rizal]