Laporan: Situs Web AS Terinfeksi Malware Kripto

"browser web diam-diam menambang mata uang digital"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Ribuan situs web, termasuk yang dijalankan oleh badan pemerintah AS dan Inggris, terinfeksi malware beberapa jam pada hari Minggu dengan kode yang menyebabkan browser web diam-diam menambang mata uang digital.

Situs berita teknologi The Register melaporkan lebih dari 4.200 situs terinfeksi dengan versi berbahaya dari alat yang banyak digunakan yang dikenal sebagai Browsealoud dari pembuat perangkat lunak Inggris Texthelp, yang membacakan halaman web untuk orang-orang dengan masalah penglihatan.

Berita tersebut muncul di tengah lonjakan serangan cyber menggunakan perangkat lunak yang memaksa komputer yang terinfeksi menambang mata uang kripto atas nama hacker. Prevalensi skema ini meningkat dalam beberapa bulan terakhir karena volume perdagangan bitcoin dan mata uang kripto lainnya melonjak.

"Versi tercemar Browsealoud menyebabkan perangkat lunak yang dimasukkan menambang mata uang digital Monero untuk berjalan di komputer yang mengunjungi situs yang terinfeksi, menghasilkan uang bagi para hacker di balik serangan tersebut," kata Register.

Perwakilan dari badan penegak hukum AS dan Inggris dan Texthelp tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.

Texthelp mengatakan kepada The Register bahwa mereka telah menutup operasi dengan menonaktifkan Browsealoud sementara tim engineeringnya menyelidiki.