Pasutri Gagal Maju di Pilkada Padang, Ini Penyebabnya

"Komisi Pemilihan Umum Kota Padang hanya memberi kesempatan pada pasangan Mahyeldi-Hendri Septa dan Emzalmi-Desri Ayunda"
Syamsuar Syam dan Misliza (Padangkita)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pasangan suami-istri Syamsuar Syam dan Misliza dipastikan gagal melaju dalam Pilkada Padang 2018. Mereka adalah satu-satunya pasangan yang maju dari jalur perseorangan atau tanpa dukungan partai politik.

Dengan begitu, Komisi Pemilihan Umum Kota Padang hanya memberi kesempatan pada pasangan Mahyeldi-Hendri Septa dan Emzalmi-Desri Ayunda untuk mengisi kontestasi Pilkada serentak 2018 di ibukota Provinsi Sumbar itu.

"Pasangan calon perseorangan ini tidak bisa menghadirkan pendukungnya di satu tempat, dalam verifikasi faktual," kata Ketua Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Padang Mahyudin Senin 12 Februari 2018.

Lantas terkait dengan putusan itu, Syamsuar Syam lantas mengaku legowo. Baginya, semua putusan marupakan jalan terbaik yang telah diberikan Tuhan. Meski demikian dia bertekad jika masih diberikan kesempatan, dia akan selalu berniat memimpin Kota Padang.

"KPU mungkin telah bekerja secara profesional. Kalau begitu Alhamdulillah, kalau tidak tentu ada pertanggungjawabannya dunia dan akhirat," paparnya pada KLIKPOSITIF.

Tidak dipungkiri, majunya pasangan Suami Istri, Syamsuar Syam-Misliza dari jalur perseorangan di Pilkada Padang 2018, menjadi perhatian publik. Berbagai rintangan dilalui pensiunan TNI angkatan darat ini. Termasuk sidang gugatan di Panwaslu  Padang.

Dirunut pemberitaan, satu jam jelang batas akhir, 29 November 2017, pukul 23.00 wib, Syamsuar Syam-Misliza menyerahkan berkas dukungan jalur perseorangan ke KPU Padang. Pada 1 Desember 2017, syarat dukungan dinyatakan lolos dalam verifikasi KPU yakninya sebanyak 42.756 dukungan tersebar di 10 kecamatan.

Pada 11 Januari 2018, KPU Padang memberitahukan syarat calon Syamsuar Syam-Misliza tidak lengkap. Karena tidak adanya bukti kepengurusan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Senin 15 Januari 2018 sekitar pukul 20.40 wib, pasangan ... Baca halaman selanjutnya