Partisipasi Masyarakat untuk PPK Pasaman Masih Minim

"Hanya satu surat masuk dari masyarakat ke kantor KPU Pasaman"
Peserta calon anggota PPK Pasaman sedang mengikuti seleksi tertulis (KLIKPOSITIF/Yulisman)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Hingga satu hari berakhirnya batas waktu memasukkan tanggapan masyarakat soal rekrutmen anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), hanya satu surat masuk dari masyarakat ke kantor KPU Pasaman, Senin 12 Februari 2018.

Surat tanggapan masyarakat terkait dengan peserta calon PPK itu berasal dari Kecamatan Panti. Setelah diteliti, identitas masyarakat yang memberikan informasi lengkap dan bertanggung jawab.

"Namun kita menilai partisipasi masyarakat dan pengawasannya terhadap rekrutmen anggota PPK Pasaman sangat minim sekali," kata Komisioner KPU Pasaman, Aprina Herawati ada KLIKPOSITIF, Senin 12 Februari 2018. 

Padahal KPU Pasaman meminta kepada masyarakat agar memberikan tanggapan dan mengawal proses seleksi anggota PPK mulai dari tanggal 8-13 Februari 2018. 

KPU Pasaman telah menyelenggarakan seleksi tertulis calon anggota PPK sebanyak 274 orang pada Jumat 9 Februari 2018. Dan hasilnya 6 besar untuk mengikuti seleksi wawancara telah diumumkan hari ini Senin,12 Februari 2018 di seluruh kantor kecamatan dan nagari.

Kemudian, terkait dengan surat masuk tanggapan masyarakat tersebut akan diminta klarifikasi kepada yang bersangkutan. "Kita akan klarifikasi kepada yang bersangkutan, kalau ia lulus dalam 6 besar," sebut Aprina.

Selain dari surat resmi, pihaknya juga menerima sms dari dua orang masyarakat melalui handphone komisioner. Namun ini tidak diakui, karena yang diakui itu adalah melalui surat dan mencantumkan identitas asli berupa KPT elektronik.

"Setelah dikonfirmasi kepada yang bersangkutan dalam seleksi wawancara maka hasilnya nanti akan diputuskan dalam pleno," ujarnya.

KPU Pasaman merekrut anggota PPK sebanyak 36 orang. Masing-masing kecamatan tiga orang, Pasaman memiliki 12 kecamatan.

[Man St Pambangun]