Lima Poin Imbauan Pemko Padang Terkait Hari Valentine

"Masyarakat diimbau untuk tidak merayakan Hari Valentine"
Imbauan terkait Hari Valentine (Humas Pemko Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemko Padang mengimbau masyarakat Kota Padang untuk tidak merayakan Hari Valentine.

Dalam imbauan tertulis Wali Kota Padang tertanggal 13 Februari 2018, ada lima poin alasan dan imbauan yang disampaikan. Yang pertama disebutkan, merayakan Hari Kasih Sayang-sebutan Hari Valentine, bukanlah budaya Minangkabau dan Muslim.

Poin kedua tertulis, dalam referensi Islam dan budaya Minangkabau yang berfilosofi 'Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah' tidak ada mengatur tentang Hari Valentine. Dalam poin ini juga disebut 'Valentine itu ujung-ujungnya hanya pergaulan bebas'.

Kemudian pada poin tiga disebut, Hari Valentine cenderung mendorong orang permisif dan melanggar norma-norma, serta bentuk pengrusakan budaya secara sistemik dari luar dan pengrusakan budaya kepatutan.

Pada poin keempat disebutkan, kepada orangtua, guru, ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang, cerdik pandai dan pemuka masyarakat harus punya peranan penting, mencerdaskan, mengingatkan, mendidik serta melarang anak kemenakan, generasi muda untuk tidak ikut merayakan Hari Valentine.

Sedangkan pada poin terakhir disebut, kepada pemilik hotel dan tempat hiburan lainnya agar tidak mengadakan acara serta menyediakan tempat untuk merayakan Hari Valentine. (*)