Sosialisasi Berlalu Lintas, Satlantas Polres Pasaman Sasar Usia Dini

"Sosialisasi mulai dilakukan di tingkat TK"
Polantas di Pasaman membantu anak sekolah menyeberang jalan (Istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pasaman gencarkan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada kalangan pelajar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas sejak dini.

Selain itu juga dengan sosialisasi tersebut akan terbangun kesadaran tentang pentingnya keselamatan diri saat mereka dewasa nanti dalam berlalu lintas.

"Sosialisasi kita lakukan mulai dari tingkat sekolah TK, SD, SLTP, maupun SLTA," kata Kasat Lantas Polres Pasaman, Iptu Fion Jhoni Hayes pada KLIKPOSITIF, Selasa 13 Februari 2018.

Selain untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat khususnya para pelajar di bidang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, sosialisasi ini juga dilakukan dalam rangka mensosialisasikan lima program unggulan Polres Pasaman.

"Lima program unggulan Polres Pasaman itu adalah, program tawajuh, tali sapilin, tuanku muda, dubalang, dan terakhir program polisi mitra media dan komunitas," sebut Fion.

Dijelaskan Fion, pada sekolah TK, Satlantas memperkenalkan program polisi sahabat anak. Untuk siswa SD pihaknya melakukan pembentukan polisi cilik. Selanjutnya, pada sekolah SLTP sosialisasi melakukan penyuluhan tertib berlalu lintas, serta pembentukan polisi remaja.

Kemudian, pada tingkat SLTA selain menjadi irup upacara pihaknya sekaligus mensosialisasikan tertib lalu lintas dan pembentukan patroli kemananan sekolah (PKS).

"Dalam kegiatan sosialisasi ini kami menyampaikan beberapa pesan-pesan positif untuk siswa yang ada di Pasaman agar tetap bertaqwa kepada Allah SWT dan mematuhi segala aturan terutama tertib berlalintas," katanya lagi.

Harapannya melalui sosialisai ini, pelajar dan masyarakat dapat mengetahui dan mematuhi peraturan berlalu lintas dengan benar. Dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, akan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

[Man St ... Baca halaman selanjutnya