Dua Pelaku Ilegal Logging di Pasbar Masih Buron

"Seorang pelaku berhasil diamankan petugas, sedangkan dua pelaku lainnya masih buron dan masih dalam pencarian pada Rabu 14 Februari 2018"
Pelaku ilegal logging yang diamankan Polres Pasbar. (KLIKPOSITIF/Buyung Fajri)

PASBAR, KLIKPOSITIF -- Polres Pasaman Barat berhasil menyita 14 meter kubik kayu hasil ilegal logging di dua lokasi berbeda di kawasan Pasbar. Seorang pelaku berhasil diamankan petugas, sedangkan dua pelaku lainnya masih buron dan masih dalam pencarian pada Rabu 14 Februari 2018.

Kapolres Pasbar, AKBP Iman Pribadi Santoso didampingi Kasatreskrim, Iptu Chairul Ridha mengatakan, pihaknya berhasil menyita 14 meter kubik kayu ilegal logging di dua lokasi menggunakan truk colt diesel BA 9496 Q dengan sopir truk inisial M yang sudah berhasil ditangkap.

Petugas melakukan pengembangan di salah satu toko perabot yang ada di Jorong Lembah Binuang, Nagari Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman yang tersangkanya berinisial E melarikan diri (DPO). Di lokasi ini, petugas berhasil menyita barang bukti berupa kayu olahan hasil ilegal logging dan satu unit becak motor sebagai alat angkut.

"Pengungkapan kasus ilegal logging di dua lokasi yang berbeda ini berawal dari informasi masyarakat yang mengetahui adanya aktifitas ilegal logging di sekitar tempat tinggal mereka," katanya.

Menurutnya, pelaku tidak dapat melihatkan Surat Keterangan Asal Usul Kayu (SKAU) dan Surat Keterangan Sah Hasil Hutan (SKSHH) dan terancam UU No 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan dengan pidana pinjara satu tahun atau denda paling sedikit Rp500 juta.

"Kepada seluruh warga masyarakat, agar tidak ada lagi yang melakukan pembalakan liar, pengrusakan hutan, kegiatan ilegal logging, termasuk pembakaran hutan serta meminta kepada lapisan untuk mengawasi," tutupnya.

[Buyung Fajri]