Ada 42 Bangunan Cagar Budaya di Bukittinggi

"Untuk bangunan atau benda diduga cagar budaya, ada sekitar 80-an"
Jam Gadang, salah satu bangunan cagar budaya di Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Kekayaan sejarah Bukittinggi memang tak terbantahkan. Bukittinggi menjadi salah satu kota di Sumatera Barat yang punya banyak peninggalan sejarah berupa bangunan cagar budaya.

Kepala Seksi Cagar Budaya dan Peninggalan Sejarah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi Beta Ayu Listyorini mengatakan, ada 42 bangunan cagar budaya di Bukittinggi yang terdaftar sejak 2012.

"Ada 42 bangunan cagar budaya di sini. Hampir semuanya merupakan peninggalan zaman penjajahan," cetusnya, Rabu 14 Februari 2018.

Ia menyebut, ke 42 bangunan cagar budaya di Bukittinggi masih bisa disaksikan hingga kini.

"Sementara, bangunan atau benda diduga cagar budaya, ada sekitar 80-an," ujarnya.

Beberapa bangunan cagar budaya di Bukittinggi, merupakan objek wisata terkenal seperti Jam Gadang, Rumah Bung Hatta dan Lubang Jepang.

"Kalau sudah masuk atau terdaftar jadi Bangunan Cagar Budaya, maka tidak bisa lagi diubah, bentuknya harus sama sesuai aslinya," ujarnya.

Beta Ayu Listyorini berharap, ke depannya bangunan cagar budaya ini yang masih tersisa dan bisa disaksikan hingga kini bisa lestari dan bisa diwariskan ke generasi berikutnya.

Saat ini, Pemerintah Kota Bukittinggi sudah memiliki tim ahli cagar budaya sehingga jumlah cagar budaya yang ada kemungkinan akan bertambah.

[Hatta Rizal]