Kosmetik Ilegal di Padang Diduga Dibuat Pakai Bahan Berbahaya

"Perlu melakukan observasi laboratorium terlebih dahulu"
Penggerebekan rumah produksi kosmetik ilegal (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Padang masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait temuan kosmetik ilegal yang diproduksi dalam sebuah rumah mewah, di kawasan Lapai, Kecamatan Padang Utara.

Keberadaan kosmetik ilegal itu terungkap saat BBPOM melakukan penggerebekan bersama pihak Kepolisian Daerah Sumatera Barat pada, Rabu 14 Februari 2018 pukul 18:00 WIB.

Setelah melakukan penggerebekan, pemilik rumah yang diketahui berinisial E saat ini juga tengah menjalani pemeriksaan bersama pihak kepolisian dan BBPOM sendiri.

Baca Juga: BBPOM dan Polisi Grebek Rumah Mewah Produsen Kosmetik Ilegal di Padang

Namun dalam temuan tersebut, pihak BBPOM sendiri masih belum bisa memastikan jenis bahan yang digunakan untuk membuat kosmetik itu.

Lantas untuk memastikannya, Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan BBPOM Padang, Antoni Asri mengatakan, pihaknya perlu melakukan observasi laboratorium terlebih dahulu.

"Bahannya bisa jadi berbahaya, tapi kami belum sampai ke sana dan kita teliti terlebih dahulu dengan pengujan. Kalau mengandung bahan berbahaya, ya seperti merkuri bisa menggangu kesehatan masyarakat, kita dalami dulu," katanya.

Selain jenis, BBPOM sebut dia juga belum bisa memastikan asal bahan-bahan tersebut. Sementara terkait operasional, produksi kosmetik di rumah mewah itu diduga telah berlangsung baru-baru ini.

[Halbert Chaniago]