Polda Sumbar Targetkan Angka Kecelakaan Menurun di Operasi Keselamatan Singgalang

"Operasi Keselamatan Singgalang yang akan digelar dari tanggal 5 sampai 25 Maret mendatang"
Kombes Singgamata saat bertemu dengan sesepuh dan wartawan di Sumbar. (tribunsumbar)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) menargetkan angka kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan menurun hingga 20 persen selama gelaran Operasi Keselamatan Singgalang yang akan digelar dari tanggal 5 sampai 25 Maret mendatang.

"Operasi Keselamatan Singgalang ini dulu bernama operasi simpatik, kemudian dilakukan perubahan dan direvisi. Dalam operasi ini kita mengedepankan upaya preventif dan preemtif di bidang lalulintas untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalulintas bagi penguna jalan," terang Direktur Ditlantas Polda Sumbar, Kombes Singgamata.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya Operasi Keselamatan Singgalang tersebut bisa menurunkan angka kecelakaan lalulintas dan fatalitas korban lakalantas baik itu korban meninggal, luka berat dan ringan. "Selain penekanan preventif dan preemtif ada jalan terakhir apabila terus terjadi pelanggaran lalulintas dengan penegakan hukum," lanjutnya.

Dengan pelaksanaan selama 21 hari itu ia berharap kedepannya masyarakat pengguna jalan di wilayah Sumbar tingkat kedisiplinan meningkatkan. Sehingga, target dari dekade aksi keselamatan pada tahun 2020 bisa tercapai seperti angka kecelakaan dan fatalitas korban menurun.

"Untuk di Sumbar dibandingkan daerah lain angka kecelakaan tidak terlalu tinggi, tapi perlu kita antisipasi karena cukup mengkhawatirkan apabila tidak diambil langkah-langkah. Sampai terkahir kemarin, 500 korban, target saya di tahun ini menimal turun 20 persen," sambungnya.

Dia mengatakan, bahwa pada tahun 2019 penurunan tingkat korban kecelakaan lalu lintas di Sumatera Barat akan terus menurun. "Begitupun dengan tahun 2019 sampai akhirnya 2020 kita bisa turunkan angka kecelakaan dan fatalitas korban, sesuai dengan target dekade keselamatan 2020 tersebut," sambungnya.

Sebut Singgamata, perbedaan operasi keselamatan singgalang dengan simpatik hanya pertukaran nama saja. Sebab, saat ini ... Baca halaman selanjutnya