Puluhan Brimob Ikutan Main Barongsai di Cap Go Meh Padang

"Dalam perayaan ini, banyak kegiatan yang diselenggarakan"
Personel Brimob Polda Sumbar memainkan Barongsai Naga di perayaan Cap Go Meh 2018 (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hari ini, Jumat 2 Maret 2018 merupakan puncak perayaan Cap Go Meh. Perayaan tersebut terpusat di kawasan Pecinan Kota Padang, Kecamatan Padang Selatan.

Dalam perayaan ini, banyak kegiatan yang diselenggarakan, diantaranya yakni atraksi Naga Liong, Barongsai, pawai Sipasan, arak-arakan Kio, atraksi Wushu dan pentas Singa Peking.

Semua kegiatan, hampir keseluruhan melibatkan masyarakat etnis Tionghoa di Padang. Namun kali ini ada yang berbeda, khususnya pada atraksi Barongsai.

Jika biasanya, memainkan Barongsai saat Cap Go Meh dilakukan oleh warga keturunan Tionghoa saja, kali ini tidak.

Pada arak-arakan yang dimulai dari tepian sungai Batang Harau tersebut, tampak puluhan anggota Brimob Polda Sumbar juga ikut serta mengarak Barongsai.

Mereka tampil membawa naga dengan tetap menggunakan pakaian dinas militer.

Seakan diatur dengan sangat sistematis, puluhan personel Brigdir Mobil tersebut tampak cukup lihai meliuk-liukkan Barongsai di tengah kerumunan warga yang hadir di lokasi.

Tidak jarang pula puluhan personel tersebut mendapatkan apresiasi berupa tepuk tangan dari warga.

"Ini merupakan kali keempat kami mengikuti Cap Go Meh ini dan menggunakan naga," kata koordinator penampilan Sat Brimob Polda Sumbar, Iptu Romi Candra.

Keikutsertaan mereka menurut Romi, adalah salah satu bukti bahwa kepolisian memiliki hubungan yang dekat dengan masyarakat.

"Tidak hanya ini, kami juga mengikuti beberapa kebudayaan lain tidak hanya Tionghoa saja," tutur dia.

Seperti diketahui, pawai Cap Go Meh dimulai pada pukul 16:00 WIB tadi. Pawai sendiri dimulai dari Jembatan Siti Nurbaya-Jalan Nipah-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan Niaga dan kemudian berakhir di Klenteng.

[Halbert Chaniago]