Atasi Blank Spot, Pemkab Pessel Usulkan 13 Titik BTS ke Kementerian

"13 titik ini tersebar di 7 kecamatan"
Ilustrasi (Net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengusulkan sebanyak 13 titik lokasi pemasangan tower Base Transceiver Station (BTS) ke Kementerian Kominfo guna menunjang ketersedian sarana telekomunikasi di kawasan blank spot (kawasan yang tidak terjangkau sinyal telekomunikasi) di Pessel.

"Sampai saat ini kita masih menunggu kepastian pembangunan sarana telekomunikasi itu dari Kementerian Kominfo. Setidaknya ada 13 titik yang kita usulkan dengan titik yang dianggap blank spot area," sebut Kepala Dinas Kominfo Pessel, Junaidi pada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, ketersedian BTS di kawasan blank spot tersebut sangat dibutuhkan, agar masyarakat bisa berkomunikasi dengan cepat dan lancar menggunakan telepon seluler.

"Keberadaan sarana itu sekarang belum bisa memenuhi kebutuhan dari 182 nagari yang ada. Jika BTS terpasang, tentu nantinya ada jaringan seluler dan bisa membuat telekomunikasi jadi lancar. Semoga ini dapat secepatnya terealisasi,"terangnya.

Junaidi menyebutkan, sesuai dengan 13 titik BTS yang diusulkan, pihak Pemkab menentukan untuk kecamatan yang dituju, diantaranya Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang Utara, Lengayang, Sutera, Batangkapas, Ranah Ampek Hulu, IV Jurai dan Pancungsoal.

"Sesuai usulan itu, untuk Kecamatan Koto XI Tarusan sebanyak 2 titik, Bayang Utara 2 titik, Lengayang 2 titik, Sutera 2 titik, Batangkapas 2 titik, Ranah Ampek Hulu 1 titik, IV Jurai 2 titik dan Pancung Soal 1 titik. Tujuh kecamatan ini saat ini dinilai sangat membutuhkan penempatan BTS," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]