Program TMMD Dibuka di Nagari Sulik Aia Kabupaten Solok

"TNI bersama masyarakat akan melakukan pembangunan fisik dan non fisik hingga 3 Mei 2018"
Bupati Solok H. Gusmal bersama Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Mirza Agus dan Wabup Yulfadri Nurdin menyerahkan bibit tanaman kepada maayarakat (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Merajut silahturrahmi dengan masyarakat, TNI kembali melanjutkan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Tahun ini, Nagari Sulik Aia Kecamatan X Koto Diateh Kabupaten Solok dipilih sebagai salah satu pusat pelaksanaan TMMD ke 101.

Menurut Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Mirza Agus, TMMD merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, dengan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

"Sasaran dari pelaksanaan TMMD adalah membangun desa atau Nagari yang notabenenya masih tertinggal dalam berbagai aspek pembangunan. Hal itu tidak lepas dari upaya bersama dalam pemerataan pembangunan," ungkap Mirza Agus usai upacara pembukaan, Rabu 4 April 2018 di Nagari Sulit Air.

Diakuinya, banyak daerah yang mengajukan diri sebagai tempat pelaksanaan TMMD tahun ini, namun tentu diutamakan bagi daerah yang siap dan betul-betul sangat membutuhkan. Butuh kesadaran dan partisipasi semua komponen untuk mewujudkan pemerataan pembangunan.

Beberapa kegiatan pokok TMMD di Nahari Sulik Aie meliputi pembuatan saluran irigasi dan perbaikan sarana jalan. Kemudian program tambahan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat.

"Biasanya pembangunan sarana ibadah, sekolah dan infrastruktur umum lainnya, pokoknya tergantung kebutuhan masyarakat setempat," jelas Danrem didampingi Bupati Gusmal dan Dandim 0309 /Solok Letkol.Arh. Priyo Iswahyudi.

Lebih kurang 150 orang personil TNI akan bekerja bersama masyarakat setempat untuk melakukan pembangunan fisik maupun yang bersifat non fisik hingga 3 Mei mendatang. Sebanyak 36 unit rumah warga disiapkan untuk menampung personil TNI. Diharapkan akan lebih terjalin rasa dan ikatan yang kuat antara TNI dan Masyarakat.

Dandim 0309/Solok Letkol.Arh. Priyo Iswahyudi mengatakan kegiatan pembangunan fisik akan dimulai dengan ... Baca halaman selanjutnya