Cuaca Tak Menentu, Kota Sawahlunto Siaga Dua

"Saat ini terdapat 50 titik rawan bencana di kota Sawahlunto"
Kota Sawahlunto (Net)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Kota Sawahlunto menerapkan status siaga dua potensi bencana sampai pertengahan Mei 2018 mendatang, untuk kota tersebut.

Penerapan status tersebut dilakukan karena kondisi cuaca di Kota Sawahlunto bahkan Sumatera Barat terbilang tak menentu.

"Kondisi cuaca yang tidak menentu ini diperkirakan hingga pertengahan Mei mendatang. Kita siaga terhadap bencana, siaga dua kita terapkan," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Penanggulangan Bencana Kota Sawahlunto Adri Yusman.

Untuk antisipasi bencana, Adri mengaku bahwa pihaknya telah menyiagakan personel kelompok siaga bencana (KSB) 5 orang di setiap desa yang dibantu 10 orang anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas).

"Jadi 15 orang yang ada di desa ini bisa menanggulangi bencana sementara sebelum tim dari daerah turun," tambahnya.

Menurut dia, saat ini terdapat 50 titik rawan bencana di kota Sawahlunto yang dipetakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Provinsi Sumatera Barat.

"Sebanyak 50 titik bencana yang dipetakan tersebut seluruhnya bencana longsor, sementara untuk bencana banjir jarang terjadi di Sawahlunto," jelas Adri.

Dengan begitu, Adri menghimbau masyarakat di untuk tetap siaga dalam menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu.

"Masyarakat diimbau untuk siap siaga terhadap bencana yang menyebabkan terjadinya hujan yakni hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," pungkasnya kemudian.

[Muhammad Haikal]