Sore Ini Rukyatul Hilal akan Dilaksanakan di Atas Gedung Kebudayaan Sumbar

"Lokasi ini merupakan lokasi yang baru digunakan, sementara tahun lalu pengamatan hilal dilakukan di Parupuk Tabing dan di Bukit Lampu Padang"
ilustrasi (internet)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kementerian Agama Wilayah Sumatera Barat akan melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk penetapan awal Ramadhan 1439 hijriah, Selasa 15 Mei 2018 sore. Lokasi yang dipilih untuk pengamatan hilal ini di atas Gedung Kebudayaan Sumatera Barat yang berada di Jalan Diponegoro Padang.

Lokasi ini merupakan lokasi yang baru digunakan, sementara tahun lalu pengamatan hilal dilakukan di Parupuk Tabing dan di Bukit Lampu Padang.

Humas dan Informasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Irwan menyebutkan alasan tim rukyatul hilal memilih Gedung Kebudayaan untuk melihat bulan karena tempatnya luas dan sangat memungkinkan menampung orang banyak dalam melakukan pengamtan hilal.

"Kami akan mulai melakukan pengamatan usai salat Ashar di atas Gedung Kebudayaan Sumatera Barat dengan menggunakan alat sejenis teropong yang disebut teodolit untuk melihat posisi bulan," katanya, Selasa 15 Mei 2018.

Pengamatan hilal itu nantinya juga akan dihadiri oleh Koordinator BMKG Sumbar, Kanwil Kemenag Sumbar, Ketua Pengadilan Agama Sumbar, Ketua MUI Sumbar dan Ormas Islam se-Provinsi Sumbar.

Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Padang Panjang, Rahmat Triyono menyebutkan pengamatan dilakukan di waktu terbenam matahari pada pukul 18.17 WIB dan bulan pukul 18.17 WIB.

Dengan ketentuan, azimuth matahari pada posisi 288 derajat 54,11 dan tinggi bulan - 0 derajat 15,34. Karena saat itu posisi bulan di sebelah selatan bawah matahari.

Terpisah, Kabid Bina Mental-Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar, Karimis menyebutkan, pemantauan hilal (Rukyatul Hilal) untuk wilayah Sumatera Barat (Sumbar) akan dilakukan di lantai empat gedung kebudayaan Sumbar.

Awalnya, akan dilaksanakan di Menara Masjid Raya Sumbar, namun pihak dari Kementerian Agama Sumbar lebih memilih gedung kebudayaan yang berada di kawasan Pantai Purus Kota Padang.

"Untuk pemantauan kan kewenangan ... Baca halaman selanjutnya