Antisipasi Serangan Terduga Teroris, Polda Sumbar Tingkatkan Pengamanan

"Pengamanan di Mapolda ini diperketat merupakan instruksi dari Kapolda Sumbar, dan pola pengamanan seperti ini juga ikut dilakukan oleh Polres jajaran "
Polda Sumbar meningkatkan pengamanannya guna mengantisipasi serangan teroris yang belakangan ini telah menyerang sejumlah tempat, termasuk Mapolrestabes Surabaya dan Mapolda Sumbar (Riki S/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pascapenyerangan yang dilakukan oleh sejumlah terduga teroris di Mapolda Riau pada Rabu 16 Mei 2018 pagi, membuat aparat kepolisian di Sumbar langsung meningkatkan pengamanannya.

Hal itu dilakukan, karena Sumbar sendiri yang berada di bagian barat Pulau Sumatera, merupakan daerah yang berdekatan langsung dengan Provinsi Riau yang berada di bagian timur Pulau Sumatera.

Dari pantauan klikpositif.com di Mapolda Sumbar, terlihat sejumlah aparat kepolisian yang dipersenjatai laras panjang yang dilengkapi rompi anti peluru, berjaga-jaga di depan gerbang Mapolda Sumbar.

Petugas dari korps baju coklat itu kemudian memeriksa setiap tamu yang masuk, termasuk setiap barang bawaan dan mobil serta sepeda motor yang dikendarai para tamu, juga ikut digeledah.

Setelah dipastikan aman, barulah para tamu itu diperbolehkan masuk oleh petugas penjagaan ke Mapolda Sumbar, nanun tamu tersebut harus meninggalkan identitas diri di Pos Penjagaan.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Syamsi mengatakan, pengamanan yang dilakukan ini sebenarnya sudah berlangsung sejak adanya teror bom di Mapolrestabes Surabaya, dan itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya teror dari para teroris.

"Pengamanan di Mapolda ini diperketat merupakan instruksi dari Kapolda Sumbar, dan pola pengamanan seperti ini juga ikut dilakukan oleh Polres jajaran," kata Syamsi kepada klikpositif.com saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu siang.

Meski pengamanan sudah diperketat, Syamsi pun menyebut bahwa saat ini di Sumbar, status keamanan belum ditingkatkan ke siaga satu, karena pihaknya masih menuggu instruksi dari pimpinan.

"Untuk status belum kami tingkatkan menjadi siaga satu, tapi yang jelas seperti yang saya katakan tadi, pola pengamanan di Mapolda dan Polres jajaran sudah ditingkatkan. Bahkan, jumlah personil di pos penjagaan di depan Mapolda dan Mapolres jajaran sudah ditambah," ... Baca halaman selanjutnya