Hari Pasar Terakhir Aur Kuning, Warga Berburu Pakaian Lebaran

"celana jeans dengan harga 90 ribu serta kaos oblong dan kemeja yang diobral 3 potong dengan harga hanya 100 ribu."
Foto suasana aur kuning (Hatta Rizal/KLIKPOSITIF)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Ribuan orang memanfaatkan hari pasar terakhir jelang lebaran 2018 untuk berburu pakaian baru, Rabu 13 Juni 2018.

Pantauan KLIKPOSITIF, Pasar Aur Kuning menjadi sentra incaran bagi para pembeli.

Akibatnya, Pasar pakaian terbesar di Sumatera Barat yang hari ramainya setiap Rabu dan Sabtu ini penuh sesak, bahkan berjalan pun susah.

Para pedagang utamanya PKL tumpah ruah memenuhi sudut-sudut pasar, sementara pedagang toko yang sebelumnya menjual barang serian, mengubah sistem menjadi eceran yang tentu saja menambah animo masyarakat.

"Sekarang kan hari pasar terakhir, lebih murah dan banyak diskon," sebut salah satu pembeli asal Agam, Rini.

Ia tak asal bicara, harga pakaian di Aur Kuning jelang Lebaran ini memang banyak yang miring, misalnya celana jeans dengan harga 90 ribu serta kaos oblong dan kemeja yang diobral 3 potong dengan harga hanya 100 ribu.

Rini menyebut, untuk pakaian Lebaran, Aur Kuning merupakan pilihan terbaik, selain murah juga tersedia banyak model.

Rini rela berdesak-desakan sebab besok kebanyakan pedagang atau toko banyak hang sudah menghentikan aktifitas karena sudah dekat dengan Lebaran.

Sementara, salah satu pedagang toko yang menjual pakaian jadi Rudian menyebut, selama seminggu terakhir pembeli meningkat drastis sebab sistem jualbeli diubah dari grosir menjadi eceran.

"Sebelumnya, kalau beli barang harus satu seri, sekarang toko-toko kebanyakan menjual eceran untuk menghabiskan barang,"ucapnya.

Akibat tingginya aktifitas, Pasar Aur Kuning tampak sangat runyam, para PKL menggelar barang dagangannya secara serampangan, di emperan toko, lorong maupun jalan umum.

Begitu pun lokasi parkir, bermunculan parkir tak resmi terutama di dalam Terminal yang menambah kesemrautan.

[Hatta Rizal]