Guncangan Gempa Nias Terasa Hingga ke Padang dan Bukittinggi

"Kejadian ini tidak menimbulkan kepanikan yang berarti"
Pusat gempa Nias (BMKG)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter mengguncang Nias Selatan, Sumatera Utara pada pukul 10:10 WIB. Gempa ini berpusat di 65 kilometer dari Tenggara Nias Selatan yang terletak di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Menurut informasi yang dihimpun dari salah seorang warga, Fina yang bermukim di Pulau Telo, Nias Selatan, gempa tersebut cukup mengagetkan warga yang sedang beraktifitas di luar rumah. Namun kejadian ini tidak menimbulkan kepanikan yang berarti.

"Saya sedang di luar rumah, saat gempa warga yang ada di dalam rumah sebagian ada yang keluar rumah. Guncangannya terasa sekitar 3-4 detik, cuma getaran yang kerasnya hanya 2 detik," katanya pada KLIKPOSITIF.

Sementara itu, gempa tektonik ini juga dirasakan oleh warga yang berada di sekitaran Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Afrizal yang merupakan warga Garegeh mengaku guncangan gempa tersebut tidak menimbulkan kepanikan.

"Bagi orang yang sedang beraktifitas mungkin tidak terasa, tapi bagi yang sedang duduk tenang getarannya lumayan keras," sebut dia.

Guncangan gempa yang tidak begitu keras itu juga dirasakan hingga ke Kota Padang. Hanya saja, jika diukur menurut intensitas guncangan, kekuatan gempa terasa antara I hingga II MMI (Modified Mercally Intensity).

Di sisi lain, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika belum memberikan penjelasan rinci terkait peristiwa gempa yang berpusat di perairan Sumatera Utara itu.(*)