Bangkit dari Narkoba: BNNP Sumbar Monitoring Lembaga Rehabilitasi

"Para pengguna narkoba diharapkan dapat dengan sadar berobat agar dapat terlepas dari penggunaan atau kecanduan narkoba"
Kepala Seksi Rehabilitasi dr. Maryyo saat mensosialisasikan upaya rehabilitasi di sejumlah Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (LRIP) dan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM), akhir pekan lalu (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF--Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar, terus mengupayakan para residen atau pecandu narkoba untuk segera pulih dan bangkit.

"Salah satu bentuk dukungannya berupa peningkatan kemampuan dan pembiayaan bagi penyalahguna narkoba yang menjalani layanan rehabilitasi rawat jalan dari BNNP Sumbar," kata Kepala Seksi Rehabilitasi BNNP Sumbar, dr. Marryo Borry WD, saat melakukan monitoring evaluasi dan bimtek pada petugas Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (LRIP) dan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM), akhir pekan lalu.

"Para pengguna narkoba diharapkan dapat dengan sadar berobat agar dapat terlepas dari penggunaan atau kecanduan narkoba. Pelayanan tidak dikenakan biaya alias gratis," tambahnya.

Disebutkan Marryo, ada lima lembaga yang dikunjungi, diantaranya, LRIP RSUD Adnan WD Kota Payakumbuh dan BNN Kota Payakumbuh, LRKM Klinik Setya Husada, LRIP Puskesmas Mandiangin Bukittinggi dan Kesbangpol Kota Bukittinggi, LRIP Puskesmas Tigo Baleh Bukittinggi dan Polres Bukittinggi, serta LRIP RSI Ibnu Sina Bukittinggi.

"BNNP Sumbar juga memberikan dukungan berupa spanduk sebagai media sosialisasi rehabilitasi yang tujuannya mengimbau masyarakat atau penyalah guna untuk melaporkan diri dan mengikuti program rehabilitasi," ucapnya.

Dia berharap, instansi terkait seperti Kesbangpol Kota Bukittinggi dan Polres Bukittinggi mendukung program rehabilitasi, mengingat tingkat penyalahgunaan Narkoba di daerah Bukittinggi cukup tinggi.

"Dengan sinergitas seluruh instansi terkait inilah kita dapat menyelamatkan generasi penerus bangsa dari bahaya penyalahgunaan narkoba," ujar Marryo.

Marryo menyampaikan, angka pengguna narkoba berdasarkan hasil riset UI dan Puslidatin mencapai 65.354 orang. Sebab itu, rehabilitasi merupakan suatu cara untuk menyelamatkan seseorang dari kecanduan narkoba.

"Kita memerlukan tempat rehabilitasi yang banyak, yang mudah di jangkau oleh ... Baca halaman selanjutnya