Tak Sengaja Temukan Uang di Mesin ATM, Ini yang Dilakukan Bripka Riki Mustika

"Uang dari mesin ATM keluar sendiri tanpa ada orang yang memproses transaksi saat itu."
Bripka Riki Mustika (screenshot)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Sikap seorang polisi di Pessel (Pesisir Selatan)-Sumbar patut diacungi jempol. Menemukan uang sebesar Rp1 juta di mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri), tidak membuat polisi ini mata duitan. Malah dengan hati yang tulus ia membuat pengumuman kepada masyarakat agar pemilik uang itu datang mengambil uang.

Kejadian ini dialami Bripka Riki Mustika yang menjabat Kanit Dikyasa Satlantas Polres Pessel pada Rabu 19 September 2018 malam.

Ia menceritakan, pada malam itu dia datang ke mesin ATM BRI cabang Painan.  Saat memasuki ruang mesin ATM itu ia sudah melihat keanehan. Waktu itu ia melihat ada uang yang ke luar dari mesin ATM secara otomatis. Padahal dirinya belum memasukan kartu ATM.

"Waktu itu saya ingin mentransfer uang. Saya melihat ada yang aneh, trus uangnya ke luar sendiri. Padahal belum masukin kartu," sebut Bripka Riki Mustika, Jumat 21 September 2018.

Ia memastikan uang itu bukan dari uang tabungannya. Ia menduga, ada nasabah sebelumnya yang masuk ruangan ATM yang mengalami masalah saat akan melakukan transaksi.

"Barangkali ada orang yang dulu dari saya. Tapi saya belum sempat koordinasi sama BRI," jelasnya.

Mengalami kejadian tersebut, Bripka Riki Mustika merasa prihatin, karena bisa saja pemilik aslinya sangat membutuhkan uang tersebut. Oleh karena itu dia bertekad untuk mengembalikan langsung ke pemiliknya.

"Jumlahnya ada 1 juta uang kertas Rp50 ribu semua. Saya ingin secepatnya memberikan uang ini pada pemiliknya, jika benar ada. Ini bukan hak saya dan harus dikembalikan pada orang yang punya," jelas Riki.

Ia melanjutkan, jika ada warga yang melakukan transaksi di ATM Kantor BRI Cabang Painan dan mengalami kehilangan uang tabungan setelah transaksi, dapat menghubungi dirinya, di nomor HP 081267996799. ( Baca halaman selanjutnya