Kemendagri Tunjuk Martoni Jadi Plh Wali Kota Padangpanjang

"Nama Martoni tidak ada dalam 3 nama usulan Pemprov Sumbar"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Penjabat Sekretaris Daerah Padangpanjang, Martoni, S.Sos. M.SI ditunjuk Kementerian Dalam Negeri menjadi Pelaksana Harian (plh) Wali Kota Padangpanjang. Ini sangat mengejutkan, karena tidak ada nama Martoni yang diusulkan oleh Pemprov Sumbar.

"Barusan saya menerima radiogram dari Kemendagri, jika Martoni Penjabat Sekda Padangpanjang ditetapkan menjadi Pelaksana Harian Wali Kota Padangpanjang. Untuk masa tugasnya Plh walikota dalam surat tersebut dijelaskan akan berlangsung sampai ada kebijakan lebih lanjut dari pemerintah pusat," sebut Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Iqbal Rama Dipayana saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 1 Oktober 2018.

Sebelumnya, untuk Penjabat Wali Kota Padangpanjang Pemprov Sumbar telah disampaikan usulan tiga nama. Pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Sumbar yang diusulkan yakninya, Kepala Biro Organisasi Setdaprov Sumbar, Irwan S.Sos, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumbar Wardarusmen, dan Kepala Biro Bina Sosial Ifrah.

"Usulan untuk Penjabat Wali Kota Padang ini telah sebulan yang lalu dikirimkan. Begitu juga untuk Penjabat Wali Kota Pariaman juga telah kita sampaikan usulannya," jelasnya.

Ia mengatakan, untuk serah terima jabatan antara Wali Kota Padangpanjang Hendri Arnis yang berakhir 1 Oktober ini dengan Plh Wali Kota akan dilakukan, Senin malam di kantor balai kota setempat.

Ia menuturkan, selain Padangpanjang juga ada masa jabatan Wali Kota Pariaman yang berakhir pada 9 Oktober 2018. Untuk itu, Pemprov Sumbar jauh-jauh hari telah mengusulkan tiga nama.

"Terdiri dari Kepala Dinas Penanaman Modal (DPM) dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Sumbar, Maswar Dedi, Kepala Biro Hukum Setdaprov Sumbar Enifita Djinis dan Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar Herzadi Lazran," pungkasnya.

[Joni Abdul Kasir]