Pemko Sawahlunto Dorong Pengembangan SMP Boarding School

" Program Boarding School Sawahlunto memberikan porsi pendidikan agama yang lebih"
Deri Asta melaunching majalah Spendoe News, milik SMPN 2 Sawahlunto (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Program Boarding School Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Sawahlunto memberikan target lulusannya menjadi hafiz minimal hafal sembilan juz Alquran, atau rata-rata 3 juz dalam setiap tingkatannya.

Sejak didirikan dua tahun lalu, pelajar di SMP Boarding School Sawahlunto rata-rata dalam satu tahun pelajaran bisa menghafal hingga 4 juz Alquran.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan dari beberapa survey yang dilakukan, mereka yang hafal Alquran cenderung memiliki kecerdasan yang tinggi, dan itu sudah dibuktikan.

"Pemko Sawahlunto akan terus mendorong pengembangan SMP Boarding School dalam membentuk generasi muda berkarakter, beriman dan bertaqwa,” katanya saat menjadi pembina upacara di SMPN 2 Sawahlunto, Senin 8 Oktober 2018.

Dengan jumlah pelajar melebihi 90 orang, Program Boarding School Sawahlunto memberikan porsi pendidikan agama yang lebih dibandingkan dengan sekolah umum biasanya.

Di hadapan ratusan pelajar SMPN 2 dan boarding school, Deri Asta mengungkapkan, bahwa ilmu sangat penting, namun karakter menjadi paling utama dalam pembentukan generasi calon pemimpin masa depan.

Dalam kesempatan itu, Deri Asta melaunching majalah Spendoe News, milik SMPN 2 Sawahlunto yang diterbitkan para jurnalis pelajar dan melepas peserta English Camp ke Sarasa Bunta Payakumbuh.

Kepala SMPN 2 Sawahlunto, Nuryadi mengatakan, penerbitan majalah sekolah menjadi bagian dari upaya mendorong gerakan literasi bagi siswa. "Untuk menumbuhkan karakter siswa yang suka membaca dan menulis, serta kegiatan yang positif," jelasnya.

[Muhammad Haikal]