Menuju KLA, Pemko Sawahlunto Bangun Ruang Bermain Ramah Anak

"Tinggal dua tingkatan lagi bagi Sawahlunto untuk meraih Kota Layak Anak"
Taman bermain RBRA Karimata (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Menuju Kota Layak Anak (KLA), Pemerintah Kota Sawahlunto dirikan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Karimata di Kelurahan Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos PMD-PPA) Kota Sawahlunto, Dedi Syahendri, menjelaskan pendirian RBRA Karimata merupakan bagian menuju Kota Sawahlunto menjadi KLA.

Ia menuturkan, untuk mencapai tingkatan tersebut harus memenuhi beberapa syarat yakni memiliki ruang terbuka atau alam bermain anak, ruangan bebas asap rokok, memiliki areal bermain yang dilengkapi fasilitas peralatan permainan yang lengkap, terawat, tempat yang rapi, aman dan nyaman bagi anak, dan bisa didatangi oleh keluarga dan masyarakat sekitar, tidak membayar atau gratis, serta yang utama anak-anak dapat bergembira.

"Dengan semua prasarana tersebut bisa menimbulkan karakter yang kreatif,inovatif, variatif dalam tumbuh kembang anak sebagai penerus," katanya, Senin 8 Oktober 2018.

Dedi melanjutkan, mewujudkan Sawahlunto KLA harus melewati 5 tingkatan penilaian dari tim pusat, Sawahlunto sendiri telah memperoleh tingkatan dari KLA tingkat Pratama tahun 2013, KLA tingkat Madya tahun 2015, KLA tingkat Madya tahun 2017, KLA tingkat Nindya Juli 2018.

"Tinggal dua tingkatan lagi yaitu KLA tingkat Utama dan tingkat terakhir KLA. Ini yang sedang dipersiapkan untuk akhir tahun ini. Penilaian KLA tingkat Utama dilaksanakan tahap satu dan duanya pada bulan November nanti dan dilanjutkan tahap 3 bulan Desember," terangnya.

Dedi menjelaskan, Kota yang mendapat KLA tingkat  Nindya cuma ada 4 di seluruh Indonesia yaitu Sawahlunto, Padang, Malang dan Bandung. "Ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan, sekarang kita menuju KLA tingkat Utama," katanya.

Ketua Forum Anak Kota Arang (FAKA) Sawahlunto David Orlando mengatakan masyarakat Sawahlunto mendukung suksesnya ... Baca halaman selanjutnya