Ini Daftar Lengkap Pemenang Nobel di Tahun 2018, Siapa Mereka?

"Tahun ini, untuk pertama kalinya sejak 1949, pemenang Nobel Sastra tak diumumkan"
Ilustrasi penghargaan Nobel (NBC)

INTERNASIONAL, KLIKPOSITIF -- Akademi Sains Kerajaan Swedia telah mengumumkan bahwa dua ilmuwan asal Amerika Serikat, William Nordhaus dan Paul Romer telah memenangkan Nobel Ekonomi 2018.

Dengan pengumuman itu melengkali daftar peraih Nobel untuk 2018. Para pemenang Nobel Fisika, Kesehatan, Kimia, dan Perdamaian sudah diumumkan pada pekan lalu.

Uniknya pada tahun ini, untuk pertama kalinya sejak 1949, pemenang Nobel Sastra tak diumumkan. Alasannya karena suami salah satu juri Nobel Sastra diketahui melakukan pelecehan seksual dan pemerkosaan terhadap belasan perempuan di Swedia.

Jean-Claude Arnault, nama lelaki itu, adalah suami Katarina Frostenson, anggota Akademi Nobel yang bertanggung jawab menyeleksi kandidat penerima Nobel Sastra setiap tahun.

Beberapa korban mengatakan bahwa perilaku Arnault diketahui oleh orang- di dalam akademi tersebut, tetapi mereka memilih untuk menutup mulut.

Dilansir dari Suara.com-jaringan Klikpositif, berikut daftar lengkapnya:

1. Nobel Kesehatan 2018

Nobel Kesehatan 2018 jatuh pada ilmuwan Jepang, Tasuku Honjo dan James Allison dari Amerika Serikat, demikian diumumkan Senin 1 Oktober 2018.

Mereka berjasa dalam merevolusi cara pengobatan kanker, karena mengembangkan cara terapi kanker dengan mengatur hambatan terhadap imun negatif tubuh. Terapi yang dikembangkan dari penemuan dua ilmuwan itu menyasar protein-protein yang dihasilkan oleh beberapa sel sistem kekebalan tubuh, termasuk beberapa sel-sel kanker.

Honjo bekerja di Kyoto University dan Allison yang mengajar di University of Texas.

2. Nobel Fisika 2018

Arthur Ashkin, ilmuwan berusia 96 tahun dari Bell Laboratories, AS; Donna Strickland (59) dari Universitas Waterloo, Kanada; dan dan Gerard Mourou (74) dari Prancis, pada Selasa 2 Oktober 2018 diumumkan sebagai pemenang Nobel Fisika ... Baca halaman selanjutnya