Pemerintah Desa di Sawahlunto Diminta Tak Hanya Fokus Bangun Infrastruktur

"mencari ide dan inovasi sehingga pemanfaatan dana desa lebih efektif dan tepat sasaran."
Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat, Desa Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos PMD-PPA) Kota Sawahlunto menggelar Bursa Inovasi Desa. Hal ini dalam rangka menjembatani Pemerintahan Desa mencari ide dan inovasi sehingga pemanfaatan dana desa lebih efektif dan tepat sasaran.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat, Desa Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos PMD-PPA) Kota Sawahlunto Dedi Sahendri mengatakan kegiatan bursa Inovasi Desa yang digelar kedua kalinya di Sawahlunto.

Kegiatan ini dalam rangka mendukung percepatan pembangunan desa selain dari APBN. Pemko juga mengalokasikan dana pendampingan desa sebesar 10% dari APBD, sehingga masing-masing desa memiliki APBDes sekitar Rp2 milyar.

Untuk memacu kompetisi, pemerintah desa mengembangkan inovasi. Dalam acara tersebut pemko mereward desa-desa yang terbanyak mengambil komitmen inovasi desa dan terbanyak melakukan tindak lanjut komitmen inovasi.

"Tahun ini yang mendapat reward yakni Pemerintah Desa Talawi Mudiak, Rantih, dan Talawi Hilir," katanya di Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto pada acara Bursa Inovasi Desa, Selasa 9 Oktober 2018.

"Sementara itu untuk Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) kecamatan Silungkang mendapat reward sebagai TPID terbanyak menghasilkan menu program inovasi dari wilayah binaan," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, diserahkan bantuan penguatan modal sebesar 50 juta rupiah kepada Bumdes Sepakat Desa Tumpuk Tangah, Bumdes Taratak Bancah Sejahtera Desa Taratak Bancah.

Sementara itu, Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti mengatakan Pemerintah Desa (Pemdes) dalam memanfaatkan dana desa jangan hanya terfokus pada infrastruktur. Pemdes harus menggali inovasi di 27 desa yang ada di Sawahlunto.

Inovasi tersebut dituangkan untuk meningkatkan kualitas kewirausahaan dan sumber daya manusia guna mempercepat kesejahteraan masyarakat desa. "Bangun kewirausahaan masyarakat secara ... Baca halaman selanjutnya