Kurang SDM, PMI Payakumbuh Bentuk Kepengurusan di Kecamatan

"Dari lima kecamatan yang terdapat di Kota Payakumbuh, masing-masing kini sudah memiliki PMI kecamatan"
Pelantikan pengurus PMI Kecamatan di Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang saat ini dimiliki oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Payakumbuh coba disiasati dengan membentuk PMI di semua kecamatan di derah tersebut. Dari lima kecamatan yang terdapat di Kota Payakumbuh, masing-masing kini sudah memiliki PMI kecamatan.

Hal tersebut ditandai dengan pelantikan untuk dua PMI kecamatan, yaitu PMI Kecamatan Payakumbuh Selatan dan PMI Payakumbuh Utara pada Kamis 11 Oktober 2018.

Wakil Ketua PMI Kota Payakumbuh, Robby Muchsis menyebut, semenjak dilakukannya pelantikan terhadap PMI Kota Payakumbuh, April lalu, pihaknya sudah mulai bekerja dengan membentuk kepengrususan di setiap kecamatan di Kota Batiah. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan jumlah SDM yang memang masih terbatas.

“Semua kecamatan sudah ada pengurus PMI kecamatan. Hari ini dilakukan pelantikan serentak di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Payakumbuh Selatan di sini dan Kecamatan Payakumbuh Utara. Saat ini memang PMI Payakumbuh masih kekurangan SDM karena PMI adalah organisasi non profit yang membutuhkan orang-orang yang ikhlas bekerja di sini,” kata Robby.

Lebih lanjut, Robby menyebut, dengan sudah dilakukannya pelantikan terhadap pengurus PMI di setiap kecamatan di Payakumbuh, maka gagasan-gagasan dan program kerja yang dapat mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas PMI bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

“Kawan-kawan pengurus kecamatan dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat dan menumbuhkan rasa kemanusiaan karena di PMI banyak hal yang bisa dilakukan seperti aksi-aksi sosial, kepedulian terhadap lingkungan, dan alam. Semakin bertambahnya SDM PMI Payakumbuh tentu akan memudahkan juga dalam hal sosialisasi,” urainya.

Sementara itu, Camat Payakumbuh Selatan, Junaidi menerangkan, PMI pada dasarnya adalah kemanusiaan karena itu dituntut keikhlasan dari setiap anggotanya. Payakumbuh sendiri yang berada di daerah Bukit ... Baca halaman selanjutnya