Lima Kejadian Bencana Hantam Kabupaten Agam

"sedikitnya terdapat lima kejadian bencana berupa longsor, banjir dan pohon tumbang"
Petugas BPBD Agam membersihkan pohon tumbang. (istimewa)

AGAM,KLIKPOSITIF -- Hujan dengan intensitas tinggi pada Kamis malam mengakibatkan sejumlah wilayah di Agam juga ikut terkena dampak. Petugas Pusdalops BPBD Agam, Lukman menyebut, sedikitnya terdapat lima kejadian bencana berupa longsor, banjir dan pohon tumbang.

Kejadian pertama, terjadi banjir di Jorong Puduang, Nagari Bawan yang mengakibatkan 10 rumah dan dua kedai terendam setinggi 50-70 centimeter, sebanyak 50 jiwa terdampak dan harus diungsikan.

Berikutnya, longsor menghantam Jorong Pasa Bawan, Kecamatan Ampek Nagari yang mengakibatkan sebuah jalan di kawasan itu tertutup material, jalan hanya bisa dilewati kendaraan dengan sistem buka tutup.

Kejadian ketiga, pohon tumbang terpantau di Jorong Sungai Aua, Nagari Persiapan Sungai Jariang, Kecamatan Lubuk Basung mengakibatkan sebuah jalan tertutup material pohon, akses sempat terputus sebelum dibersihkan.

Selanjutnya, pohon tumbang juga terjadi di Kelok 12 Jorong Pasa Maninjau, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya yang juga sempat menutup akses jalan sebelum dibersihkan.

Kejadian terakhir, banjir dilaporkan menerjang Jorong Sungai Nibung, Nagari Tiku Selatan yang merendam 1 unit rumah warga dan 1 unit peron sawit, kondisi terkini banjir sudah surut.

"Kita sudah melakukan evakuasi terhadap korban terdampak, kita harapkan semua pihak waspada mengantisipasi cuaca buruk ini," ucap Lukman.

[Hatta Rizal]