11 Daerah di Sumbar Dihantam Banjir, Ratusan Rumah Terendam

"ratusan hektar areal persawahan dan hewan ternak juga menjadi korban"
Banjir yang terjadi di Limapuluh Kota. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hujan lebat sejak Kamis kemarin menyebabkan sejumlah daerah di Sumbar dihantam banjir. Sedikitnya 11 kabupaten dan kota dilanda banjir, ratusan rumah terendam air hingga satu meter dan lima orang dilaporkan meninggal dunia (3 orang Padang Pariaman dan 2 Tanah Datar).

Tak hanya itu, ratusan hektar areal persawahan dan hewan ternak menjadi korban. Daerah terdampak banjir yakni, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok dan Kota Sawahlunto.

Kepala BPBD Sumbar, Erman Rahman saat dihubungi KLIKPOSITIF mengatakan, tidak hanya banjir, di beberapa titik juga terjadi longsor di badan jalan seperti di Pessel di Bukit Buah Palo. "Hingga saat ini kami masih melakukan pendataan terkait korban banjir dan tanah longsor dan jembatan putus," ujarnya, Jumat 12 Oktober 2018 di Padang.

Kata Rahman, Sejumlah bantuan logistik juga telah dikirimkan ke daerah terdampak banjir seperti selimut, makanan siap saji dan perlengkapan lainnya. "Kami juga sudah kirim satu unit perahu karet ke Kabupaten Pasaman," ulasnya.

[Joni Abdul Kasir]