BPBD Sawahlunto Kerahkan Alat Berat Bersihkan Material Longsor

"terdapat tiga titik lokasi pohon tumbang dan dua titik longsor di Sawahlunto"
Alat berat membersihkan material longsor di Sawahlunto. (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sawahlunto membersihkan material longsor yang menyebabkan akses jalan antara Desa Balai Batu Sandaran dan Desa Lumindai, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto putus dari Kamis malam.

Dari pantauan KLIKPOSITIF, sebelum tim BPBD turun ke lokasi, akses jalan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua setelah dibersihkan warga bersama personel TNI-POLRI dan BPBD Kota Sawahlunto. Sementara itu, di titik longsor terdapat sebuah batang pohon kelapa yang berada di posisi membahayakan.

Salah seorang warga, Jamari mengatakan, peristiwa tersebut terjadi Kamis kemarin saat dirinya sedang shalat Maghrib. "Peristiwa terjadi sejak semalam (Kamis kemarin) saat hujan deras," katanya.

Sementara, Kepala BPBD Kota Sawahlunto, Adriusman mengatakan terdapat tiga titik lokasi pohon tumbang dan dua titik longsor lainnya. Untuk pohon tumbang di Jalinsum Silungkang - Muaro Kalaban dan Kelurahan Air dingin, Kecamatan Lembah Segar serta pohon kelapa tumbang menimpa rumah warga di Kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Barangin sudah diatasi dari semalam oleh Tim Tagana BPBD Kota Sawahlunto.

Sementara itu, untuk titik longsor di Desa Taratak Bancah, dan Desa Lumindai, Kecamatan Barangin, pihaknya akan menanganinya setelah material longsor di Desa Balai Batu Sandaran selesai dibersihkan. Adriusman melanjutkan, dari peristiwa tersebut tidak terdapat korban jiwa dan kerugian materil.

"Saat ini alat berat sudah bekerja membersihkan material longsor, sebentar lagi jalan bisa diakses seperti semula," katanya di Desa Balai Batu Sandaran saat meninjau lokasi longsor, Jumat 12 Oktober 2018.

[Muhammad Haikal]