Dihantam Banjir, Jembatan Menuju Benteng Tuanku Imam Bonjol Amblas

"Selain akses menuju benteng pahlawan Nasional itu, di sebelah jembatan juga terdapat belasan rumah penduduk"
Kondisi jembatan menuju benteng Pahlawan Nasional, Tuanku Imam Bonjol yang amblas dihantam banjir. (istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Jembatan menuju benteng Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol amblas dihantam banjir yang terjadi di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, Kamis 11 Oktober 2018 tengah malam.

Jembatan berukuran panjang 8 meter dan lebar 3 meter ini merupakan salah satu akses menuju Benteng Gunung Takjadi. Selain akses menuju benteng Pahlawan Nasional itu, di sebelah jembatan juga terdapat belasan rumah penduduk.

Tidak itu saja, lahan pertanian di sekitar lokasi itu juga hanyut terbawa banjir. Camat Bonjol, Yohanis mengatakan, jembatan tersebut tidak bisa dipakai lagi. Kondisinya sangat parah sekali, pondasi jembatan amblas, beberapa meter jalan dekat jembatan juga amblas.

"Biasanya jembatan ini merupakan salah satu akses bagi pengendara sepeda motor dari arah pasar Bonjol menuju benteng dan perkapungan warga" kata Yohanis pada KLIKPOSITIF, Jumat 12 Oktober 2018 siang.

Menurutnya, jembatan ini tidak akan lama lagi bertahan. Kalau sempat terjadi banjir sekali lagi maka jembatan tersebut akan terbawa arus banjir. "Kita mengimbau kepada warga Bonjol dan sekitarnya jangan melewati jembatan tersebut. Sebab, kondisinya tidak bisa di lalu lagi," jelasnya.

[Man St Pambangun]