Batang Sinama Meluap, Delapan Keluarga Dievakuasi

"Tiga diantaranya terdampak cukup parah"
Luapan Batang Sinama, Limapuluh Kota merendam pemukiman dan perkebunan warga (Istimewa)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Limapuluh Kota sejak Kamis 11 Oktober malam membuat debut air sungai Batang Sinama meluap.

Kondisi itu membuat beberapa rumah di Jorong Seberang, Nagari Taram, Kecamatan Harau terendam banjir akibat luapan sungai tersebut.

Tercatat ada delapan rumah di lokasi tersebut yang terendam air. Camat Harau, Andi Yasmen menyebut sampai saat ini delapan keluarga yang menghuni rumah tersebut harus dievakuasi.

"Karena debit air cukup tinggi di dalam rumah, delapan keluarga tersebut dievakuasi," katanya Jumat 12 Oktober 2018.

Lebih lanjut, dari delapan rumah tersebut, tiga diantaranya terdampak cukup parah, sehingga anggota keluarganya harus diungsikan. Diantaranya ke kantor jorong (desa) dan rumah keluarga.

"Dua keluarga ke kantor jorong, sedangkan satu lainnya mengungsu ke rumah keluarganya," ungkap dia.

Menurut keterangannya, meski hujan deras sudah mulai turun dari Kamis malam, Batang Sinama awalnya mampu menahan debit air.

Tapi, Jumat siang sebelumnya Salat Jumat debit air semakin tinggi dan akhirnya meluap keperumahan warga. "Air yang mengenangi rumah warga mulai Jumat siang, sebelum Salat Jumat," terangnya.

Melihat cuaca yang masih terus mendung, meski tidak lagi hujan, Andi Yasmen menghimbau warganya yang rumahnya di pinggiran Batang Sinama untuk selalu waspada dan selalu siaga andai air tiba-tiba naik.

Untuk petugas kecamatan sendiri, Andi Yasmen menyebut pihaknya terus memantau perkembangan perumahan warga untuk terus menjalin komunikasi dengan pimpinan daerah.

"Petugas kami selalu standby untuk melakukan pemantauan seandainya ada bencana. Untuk warga kami himbau selalu waspada, karena cuaca masih mendung," pungkasnya.

[Taufik Hidayat Kampai]